Ungkap Kecelakaan Maut Avanza-Rosalia, Polisi Gunakan Teknologi Investigasi

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:28 WIB
Ungkap Kecelakaan Maut Avanza-Rosalia, Polisi Gunakan Teknologi Investigasi
Ungkap Kecelakaan Maut Avanza-Rosalia, Polisi Gunakan Teknologi Investigasi
A A A
SEMARANG - Polisi masih mendalami kecelakaan maut yang menewaskan tujuh orang antara mobil Avanza dengan bus Rosalia Indah di Tengaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Selain memeriksa keterangan saksi dan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi juga menggunakan teknologi untuk mengungkap kasus tersebut.

"Kecelakaan antara Rosalia dengan Avanza di Tengaran kemarin, tim kita sudah langsung cek lokasi, untuk mencari sebab-sebab kecelakaan itu," ujar Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksa kepada awak media, Senin (24/6/2019).

"Tentunya kita dalami, termasuk dengan memeriksa saksi-saksi yang ada di TKP. Kita lakukan penyelidikan dan memastikan kelayakan kendaraan, akan kita cek tersebut apakah masih layak," tambah dia.

Dia pun menyampaikan, penyelidikan untuk mengungkap terjadinya kecelakaan menggunakan test analisys accident (TAA). Dengan teknologi itu, akan diketahui beberapa parameter sebelum tabrakan maut antara Bus AKAP PO Rosalia Indah bernomor polisi AD 1451 DF dengan mobil Toyota Avanza bernomor polisi B 157 NIK.

"TAA akan menganalisa bagaimana kendaraan bergerak sebelum, sesaat, dan sesudah (peristiwa). Jadi akan melihat kemiringan jalan, panjang rem, dan antisipasi dari pengemudi. Itu akan menambah investigasi kita. Itu salah satu bentuk scientific ivestigation, menjadi penyelidikan ilmiah," lugas dia.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan bermula ketika mobil Toyota Avanza nopol B 157 NIK yang dikemudikan Imam Sholuhudin (44), warga Warungjati Timur II/59 RT 6/4 Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan melaju dari arah Solo menuju Semarang. Sesampainya di lokasi kejadian, tepatnya di Dusun Ngentak, Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang mobil mendadak oleng ke kanan hingga masuk ke jalur berlawanan arah.

Pada saat bersamaan dari arah berlawanan, melaju bus PO Rosalia Indah yang dikemudikan Budi Priyanto (49), warga Perum Suka Makmur RT 4/10 Palur, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Jarak kedua kendaraan bermotor tersebut sangat dekat, hingga kedua sopir tak bisa menghindari tabrakan. Mobil Avanza langsung menabrak bus hingga ringsek.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1892 seconds (0.1#10.140)