10 Desa Wisata Indonesia Ikuti Pelatihan Inovasi di Sleman

Senin, 24 Juni 2019 - 21:00 WIB
10 Desa Wisata Indonesia Ikuti Pelatihan Inovasi di Sleman
Executive Vice President BCA Inge Setiawati, didampingi oleh Vice President CSR BCA Ira Bachtar (kiri), dan Pimpinan KCU Yogyakarta Anggardini Swadari memberikan keterangan soal kegiatan pelatihan desa wisata binaan di Sleman, Senin (24/6/2019). FOTO/SIN
A A A
SEMARANG - Perwakilan dari 10 desa wisata berbagai daerah yang menjadi binaan PT BCA mengikuti pelatihan pengembangan inovasi di Sleman, Senin (24/6/2019). Peserta yang terdiri dari para pengurus desa itu dilatih dalam berpikir kreatif dan inovatif sehingga dapat menciptakan terobosan baru di desa masing-masing.

Executive Vice President BCA, Inge Setiawati mengatakan, selain untuk meningkatkan standar pelayanan kepada wisatawan, pelatihan tersebut juga sarana mengevaluasi berbagai kemajuan dan tantangan yang terjadi di desa wisata. Termasuk menjamin desa wisata itu terus berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

"Pelatihan ini untuk mendorong perubahan ke arah yang lebih baik, terutama standar pelayanan prima kepada segenap pengunjung sekaligus komitmen BCA dalam mendampingi desa wisata binaan," kata Inge Setiawati di sela-sela kegiatan tersebut.

Inge menjelaskan, di era kompetisi terbuka bersamaan dengan bertumbuhnya destinasi baru, maka pengetahuan, wawasan, dan keterampilan operator desa wisata harus terus update dengan perkembangan dan kebutuhan saat ini. Sehingga mereka bisa meningkatkan standar pelayanan di desa wisata tersebut guna bersaing dengan destinasi lain.

"Diharapkan kegiatan ini dapat membangkitkan dan memajukan kelompok sadar wisata serta potensi alam setempat," katanya.

Untuk itu, para peserta bukan hanya mendapatkan pelatihan, tapi diajak studi banding dengan mengunjungi desa wisata Kaki Langit Dlingo, Bantul, dan Malioboro. Di tempat ini, para peserta kembali mendapat pengetahuan dalam membangun area wisata yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Vice President CSR BCA, Ira Bachtiar menambahkan sasaran Program Desa Binaan BCA adalah mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berkesinambungan di pedesaan agar masyarakat mampu bertumbuh dan mencapai kemajuan secara mandiri. Di antaranya melalui program kemitraan dengan komunitas guna membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

"Sebagaimana komitmen BCA yang memberikan layanan prima kepada nasabah, maka desa wisata binaan BCA juga didorong dan didampingi untuk memberikan layanan prima kepada pengunjung," katanya.

BCA saat ini memiliki beberapa desa binaan, yaitu Wirawisata Goa Pindul, Bejiharjo, Gunungkdul, Desa Wisata Pentingsari, Cangkringan, Sleman, Wisata Wayang Wukirsari, Imogiri, Bantul. Kampung Batik Gemah Sumilir Pekalongan, Desa Wisata Pucak Tinggan Bali, Doesoen Kopi Sirap-Gunung Kelir Semarang, Desa Wisata Tamansari Banyuwangi, Bukit Peramun Belitung, Wisata Aik Rusa Berehun Belitung, Gunong Lumut Belitung, Nagari Silokek, dan Kampung Adat Sijunjung dan komunitas Petani Jahe Emprit di Pemalang dan Jepara.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9517 seconds (0.1#10.140)