alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

F-35 Siap Diupgrade Jadi Jet Tempur Generasi Ke-6

Muhaimin
F-35 Siap Diupgrade Jadi Jet Tempur Generasi Ke-6
Pesawat jet tempur siluman F-35 produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat. Foto/REUTERS/Gary Cameron

WASHINGTON - Lockheed Martin, kontraktor pertahanan Amerika Serikat (AS) memantau pengembangan jet tempur Eropa yang diklaim akan menjadi pesawat tempur generasi keenam. Lockheed mengatakan tidak akan statis melihat perkembangan itu dan dipastikan akan meng-upgrade F-35 dari statusnya sebagai pesawat tempur generasi kelima menjadi generasi keenam.

Reaksi itu muncul setelah Jerman dan Prancis meluncurkan mockup jet tempur generasi keenam di Paris Airshow, Prancis. Pesawat yang baru dirancang itu dijuluki New Generation Fighter (NGF).

Wakil Presiden Lockheed Martin Greg Ulmer telah mengungkapkan rencana perusahaannya untuk masa depan program F-35.



"Ini pasti sesuatu yang dilihat Lockheed. Saya tidak yakin Anda akan melihat lompatan besar ini, seperti yang Anda lihat dari generasi keempat menjadi generasi kelima, dengan generasi kelima hingga generasi keenam. Saya pikir itu bisa menjadi evolusi," katanya, seperti dikutip Sputnik, Senin (24/6/2019).

Ulmer menjelaskan bahwa jet F-35 tidak akan tetap "statis" dan akan terus di-upgrade atau ditingkatkan hingga akhirnya dapat dianggap sebagai pesawat tempur generasi keenam dengan kemampuan jaringan canggih yang akan memungkinkan pilot mengendalikan senjata dan peralatan eksternal, seperti drone atau sensor.

Wakil presiden perusahaan itu mempertimbangkan impian militer AS untuk bekerja sama dengan pesawat tanpa awak yang dapat dicapai dengan F-35.

Belum jelas kapan F-35 akan mendapatkan kemampuan setingkat pesawat tempur generasi keenam. Sedangkan negara-negara Eropa sedang serius mewujudkan jet tempur semacam itu versi mereka sendiri.



(mif)

loading...