Kirab Kupatan Tirtonadi dan Festival Kuliner Kupat Berlangsung Meriah

Minggu, 23 Juni 2019 - 19:02 WIB
Kirab Kupatan Tirtonadi dan Festival Kuliner Kupat Berlangsung Meriah
Kirab Kupatan Tirtonadi dan Festival Kuliner Kupat di Kota Solo berlangsung meriah, Minggu (23/6/2019). Foto/IST
A A A
SOLO - Kirab Kupatan Tirtonadi dan Festival Kuliner Kupat di Kota Solo berlangsung semarak, Minggu (23/6/2019). Para peserta dari 24 Rukun Warga (RW) di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari tumpah ruah dan antusias mengikuti acara.

Acara diawali dari lantai atas Terminal Tirtonadi Solo, kirab mengambil tema Gregahing Warga Hambangun Kuncaraning Negara. Acara dibuka oleh Lurah Gilingan Joko Partono dan Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto. Kirab mengambil rute Terminal Tirtonadi–Jalan Setia Budi–Jalan Salak–Jalan Kutilang-simpang empat Dewa Dewi-Perempatan Munggung dan titik akhir di gedung Kelurahan Gilingan.

"Solo sebagai kota budaya, masing-masing kelurahan memang wajib menumbuh kembangkan kesenian dan budaya yang ada," kata Camat Banjarsari Irianto, Minggu (23/6/2019).

Kirab Kupatan Tirtonadi dan Festival Kuliner Kupat sebagai salah satu persiapan menuju wisata Gilingan, Manahan, Nusukan (Gilimanuk). Saat ini, infrastruktur telah mendekati finishing dan mempersiapkan sumberdaya manusia (SDM) di ketiga kelurahan. Sehingga seni budaya yang ada di ketiga kelurahan dapat ditampilkan.

"Fokusnya budaya karena merupakan jati diri bangsa," katanya.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto mengatakan, kirab yang mengambil start di Terminal Tipe A Tirtonadi dan berakhir di Kelurahan Gilingan merupakan kerja sama yang baik antarlembaga.

Meskipun Terminal Tipe A Tirtonadi berada di bawah pemerintah pusat, tapi tetap mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah. Pihaknya dengan tangan terbuka siap memfasilitasi apa yang dimiliki untuk kegiatan bersama. "Ini merupakan kerja sama yang baik, yang harus senantiasa disinergikan ke depan," kata Joko.

Mengenai rencana penataan kawasan wisata Gilingan, Manahan, Nusukan (Gilimanuk), pihaknya siap memberikan fasilitas. Di antaranya adalah parkir bagi pengunjung taman air dan jembatan keris. Jika pengunjung membeludak, terutama di Taman Galeri Air, dan Jembatan Keris, pihaknya siap memfasilitasi untuk lahan parkir di lantai atas.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9146 seconds (0.1#10.140)