alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siswa Baru SMK di Purwokerto Banyumas Digembleng Prajurit TNI

Taufik Budi
Siswa Baru SMK di Purwokerto Banyumas Digembleng Prajurit TNI
Sebanyak 250 siswa SMK 75-1 Purwokerto Banyumas mengikuti pendidikan bela negara oleh prajurit TNI. FOTO/iNews

BANYUMAS - Sebanyak 250 siswa SMK 75-1 Purwokerto Banyumas mengikuti pendidikan bela negara oleh prajurit TNI. Pelajar yang terdiri 241 siswa dan 9 siswi ini digembleng secara khusus di Markas Korem 071/Wijayakusuma.

Pendidikan berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat-Minggu (21-23/6/2019). Semua peserta mendapatkan materi tentang wawasan kebangsaan, bela negara, kepemimpinan, sosialisasi masuk TNI, PBB, kepramukaan, outbound, dan materi lainnya.

Di samping itu diadakan pula jelajah malam yang merupakan salah satu syarat sebelum siswa dilantik sebagai anggota Bantara Pramuka SMK 75-1 Purwokerto. Pada hari terakhir 250 siswa dan siswi membawa ransel masing-masing melaksanakan ketahanan mars dengan jalan kaki dari Korem 071/Wijayakusuma menuju ke tempat penutupan acara latihan bela negara di lapangan sepakbola Kecamatan Kalibagor yang berjarak sekira tujuh kilometer.



"Saya merasa senang mengikuti pembekalan bela negara di korem karena menambah disiplin dan kepercayaan diri. Terima kasih juga karena diberi buku," ujar seorang peserta bernama Filda.

Sebelum penutupan diadakan beberapa permainan kerja sama tim seperti mengangkat dan memindahkan bola dengan tali, estafet memindahkan air dalam gelas, dan permainan lainnya. Selain itu juga digelar bakti sosial berupa pembagian paket sembako bagi warga kurang mampu di sekitar lapangan sepakbola Kalibagor.

Perwira Seksi Pembinaan Perlawanan Wilayah Korem 071/Wijayakusuma (Pasibinwanwil), Mayor Inf Amir Maruf, menyebut pelatihan bela negara sangat penting bagi generasi muda. Selain menumbuhkan cinta Tanah Air, para peserta juga diditumbuhkan semangat berdisiplin.

"Latihan bela negara dan wawasan kebangsaan sangat penting untuk generasi muda. Di samping untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air, juga untuk mendisiplinkan diri karena sehabat dan sepandai apapun tanpa disiplin akan susah dapat mencapai kesuksesan," tutur Amir.



(AMM)

loading...