alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mobil Listrik Garuda Karya Mahasiswa UNY Diluncurkan

Priyo Setyawan
Mobil Listrik Garuda Karya Mahasiswa UNY Diluncurkan
Menristekdikti M Nasir meluncurkan mobil listrik UNY saat malam Dies Natalis ke 55 di depan rektorat kampus setempat, Jumat (21/6/2019) malam. FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nazir menargetkan tahun 2025 Indonesia sudah bisa memproduksi massal mobil listrik.

Pihaknya terus mendorong adanya inovasi dalam mendukung produksi kendaraan listrik termasuk siap berkolabarasi dengan pihak ketiga untuk memproduksinya.

“Keberadaan kendaraan listrik ini penting, bukan hanya hemat energi, namun juga ramah lingkungan dan menghidari pencemaran udara. Ini sudah menjadi rintisan dunia. Karena itu kami targetkan 2025 sudah dapat diproduksi massal,” kata M Nazir usai peluncuran Mobil Listrik Garuda inovasi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta (UNY), Jumat (21/6/2019) malam. (Baca juga : UNY Tambah Satu Guru Besar Ilmu Kimia)



Untuk mendorong pengembangan kendaraan listrik ini,pemerintah mengelontorkan anggaran Rp100 miliar tiap tahunnya untuk riset. Saat ini juga telah diproduksi motor listrik nasional (Molina) 500 unit per bulan. Untuk proyek tersebut dengan mengandeng beberapa perguruan tinggi yakni UI, ITB, UGM, UNS dan ITS serta Udayana juga akan bergabung. “Kami harapkan nantinya UNY juga akan ikut bergabung,” terangnya.

Hanya saja untuk pengembangan kendaraan listrik ini, baterainya masih menjadi kendala karena belum bisa memproduksinya sendiri. Padahal 35% untuk produksi kendaraan listrik untuk baterai tersebut. Karena memegang peran yang signifikan, maka bagaimana riset di bidang baterai harus dikembangkan.

“Untuk memenuhi baterainya saat ini sedang mengembangkan di Morowali, Sulawesi Tenggara dan Halmahera, Maluku Utara. Jika jadi nanti sudah dapat memenuhinya dan tentunya berpengaruh terhadap harga kendaraan kendaraan listrik,” paparnya.

Rektor UNY, Sutrisni Wibowo berharap peluncuran Mobil Listrik Garuda UNY tersebut dapat mendorong UNY semakin berkembang sebagai upaya untuk ikut mengembangkan pembangunan pendidikan di Indonesia dan dan menjadi world class university.



(nun)

loading...