5.657 Piring Bakmi Godog Gunungkidul Pecahkan Rekor MURI

Sabtu, 22 Juni 2019 - 10:54 WIB
5.657 Piring Bakmi Godog Gunungkidul Pecahkan Rekor MURI
Sebanyak 5.657 piring bakmi Jawa di sajikan di depan rumah dinas Bupati Gunungkidul berhasil memecahkan rekor MURI. FOTO/SINDOnews/Suharjono
A A A
GUNUNGKIDUL - Usaha paguyuban penjual bakmi di Gunungkidul untuk memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) akhirnya terlaksana. Sebanyak 5.657 piring bakmi godog berhasil tersaji dan bisa dinikmati ribuan warga yang tumpah ruah di jalan protokol depan rumah dinas Bupati Gunungkidul, Jumat (21/6/2019) malam.

Sebelumnya,rekor bakmi dipegang Balikpapan, Kalimantan Timur dengan 5.000 porsi bakmi. penyerahan penghargaan MURI ini diserahkan langsung Deputi Manajer MURI Ariyani Siregar.

Dalam kesempatan tersebut Ariyani bersama tim dari Muri melihat proses pembuatan bakmi yang melibatkan 47 pedagang bakmi dari Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul tersebut. Kemudian diapun menghitung bakmi lengkap dengan ayam kampung suir, telur dan kuah yang disajikan di meja panjang yang berada di kanan kiri jalan.

”Kita sudah menghitung dan jumlahnya di atas target dari 5.500 menjadi 5.657. Penyajian juga bagus dan ini memecahkan rekor MURI," terangnya usai penyerahan penghargaan di Gunungkidul, Jumat b(21/6/2019) malam. (Baca Juga: Pedagang Bakmi di Gunungkidul Siap Pecahkan Rekor MURI 5500 Piring
Acara yang didukung penuh Bank BPD DIY ini pun berjalan sukses. Para pedagang mulai memasak pukul 16.00 WIB, kemudian pukul 18.00 WIB, semua sudah tersaji dan siap untuk dihitung.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan pemecahan rekor MURI ini untuk mengangkat usaha kecil dan menengah. Bakmi sebagai salah satu kuliner andalan Gunungkidul layak diberikan apresiasi dan terus dikenalkan ke kancah nasional, bahkan Internasional.

"Rasa khas bakmi Jawa Gunungkidul tidak diragukan lagi, kita bantu akses permodalan usaha mereka sekaligus mengenalkan untuk pasar yang lebih luas," katanya.

Dilanjutkannya, pemecahan rekor MURI ini hanyalah antara saja. Ke depan, bakmi Gunungkidul dan Gunungkidul yang memiliki tempat wisata yang indah ini bisa semakin dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

”Ini baru dari bakmi belum yang lain. Keindahan alam dan pantainya harus dijual, kita berkomitmen membantu hal itu," lanjut dia.

Sementara Bupati Gunungkidul, Badingah mengaku bangga dengan pemecahan rekor MURI ini. Bakmi menjadi kuliner andalan Gunungkidul yang terkenal secara nasional.

"Ini prestasi luar biasa bagi semua penjual bakmi Gunungkidul. Ribuan warga antusias datang dan menikmati bakmi.Mudah-mudahan, ke depan festival bakmi menjadi agenda rutin pariwisata. Terutama wisata kuliner untuk mendukung pengembangan wisata Gunungkidul untuk go internasional," tegasnya
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8940 seconds (0.1#10.140)