Bentuk Generasi Muda Tangguh, TNI AD Gelar Persami

Sabtu, 22 Juni 2019 - 07:46 WIB
Bentuk Generasi Muda Tangguh, TNI AD Gelar Persami
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi saat membuka kegiatan Persami terpusat tingkat daerah di Lapangan Tembak Pekuncen, Secata Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2019). IST
A A A
KEBUMEN - Guna melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di masa depan, khususnya generasi muda yang tangguh dan mandiri, TNI Angkatan Darat dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Saka Wira Kartika menggelar Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) di Gombong.

Menurut Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, kegiatan perkemahan yang diikuti seluruh Kwartir Cabang Se-Jateng dan DIY ini diharapkan tidak hanya menambah kemampuan dan keterampilan, namun juga membangun karakter kebangsaan para peserta Pramuka Saka Wira Kartika.

“Pembinaan karakter generasi muda merupakan tanggung jawab kita bersama, dan tentunya melibatkan dukungan segenap komponen bangsa, termasuk pejabat Pemerintah Daerah dan pejabat TNI AD,” ungkap Pangdam saat membuka kegiatan Persami terpusat tingkat daerah di Lapangan Tembak Pekuncen, Secata Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2019).

“Mengingat sangat pentingnya generasi muda yang juga generasi penerus bangsa, Pemerintah telah mengamanatkan kepada kita semua dalam undang-undang Gerakan Pramuka, yaitu nomor 12 Tahun 2010,” imbuhnya.

Persami yang berlangsung di satuan jajaran Rindam IV/Diponegoro ini mengusung tema, “Melalui Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika, TNI AD Siap Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Serta Berjiwa Kesatria Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air demi Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Repulik Indonesia”.

“Hal ini sejalan dengan apa yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden RI Tahun 2006, bahwa gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pembentukan karakter bangsa Indonesia sejak dini yang merupakan aset bangsa yang tak ternilai dalam mengawal dan mengamankan Pancasila dan UUD 1945,” terang Mayjen Effendi.

Menurutnya, Persami terpusat tingkat daerah ini juga bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana hasil pelaksanaan pembinaan kepramukaan yang telah dilaksanakan oleh Aparat Satuan Kowil dan Satuan Non Kowil jajaran TNI AD khususnya di Kodam IV/Diponegoro, serta memberikan wawasan dan pengetahuan tentang jenis-jenis keterampilan dalam Saka Wira Kartika.

“Tak hanya itu, kegiatan ini juga untuk mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam kegiatan yang bersifat aktif, kreatif, inovatif dan edukatif, dengan mengacu pada pola pembinaan gerakan Pramuka,” tambahnya.

Pihaknya berharap, melalui Persami ini terwujud peningkatan karakter generasi muda secara signifikan, sehingga kiprah gerakan pramuka sesuai dengan UU RI Nomer 12 Tahun 2010 tercapai.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6739 seconds (0.1#10.140)