India Kerahkan Kapal Perang ke Teluk Persia dan Teluk Oman

Jum'at, 21 Juni 2019 - 13:01 WIB
India Kerahkan Kapal Perang ke Teluk Persia dan Teluk Oman
Angkatan Laut India mengirim kapal perang ke Teluk Persia di saat perseteruan Iran dan Amerika Serikat semakin memanas. Foto/Twitter @indiannavy
A A A
NEW DELHI - Untuk memberikan keamanan bagi kapal-kapal berbendera India yang melintasi wilayah tersebut, Angkatan Laut India mengerahkan beberapa kapal perang ke Teluk Persia dan Teluk Oman. Pengerahan kapal-kapal perang itu terjadi di saat perseteruan antara Iran dan Amerika Serikat (AS) semakin memanas.

Angkatan Laut New Delhi menamakan pengerahan kapal-kapal militer itu sebagai "Operation Sankalp". Pengumuman pengerahan kapal disampaikan pada hari Kamis, hari di mana Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menembak jatuh pesawat nirawak atau drone mata-mata militer Washington, RQ-4 Global Hawk.

"Angkatan Laut India mengeksekusi Operation Sankalp. Menyebarkan INS Chennai dan INS Sunayna di Teluk Oman, untuk memastikan kembali Kapal-kapal berbendera India yang beroperasi/transit melalui Teluk Persia dan Teluk Oman setelah insiden keamanan maritim," bunyi pengumuman Angkatan Laut tersebut, dikutip dari akun Twitter-nya, @indiannavy, Jumat (21/6/2019).

"Kapal-kapal ini, yang dikerahkan di Teluk Oman dan Teluk Persia, akan melakukan operasi keamanan maritim. Selain itu, penyelamatan udara oleh pesawat India juga dilakukan di daerah tersebut," lanjut pengumuman itu.

Ketegangan di Teluk Persia meningkat secara dramatis setelah dua kapal tanker minyak diserang di Teluk Oman pekan lalu. Belum ada bukti nyata yang membuktikan siapa yang bertanggung jawab atas insiden itu, namun otoritas AS menyalahkan Iran.

Seteru kedua negara itu memanas dengan ditembaknya drone RQ-4 Global Hawk AS kemarin. Teheran mengklaim pesawat nirawak Amerika itu ditembak jatuh karena memasuki wilayah udaranya. Namun, Washington mengklaim pesawat itu beroperasi di atas perairan internasional.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3958 seconds (0.1#10.140)