Pelajar SMK Jepara Wakili Jateng di Kompetisi AHMBS Nasional

Jum'at, 21 Juni 2019 - 10:17 WIB
Pelajar SMK Jepara Wakili Jateng di Kompetisi AHMBS Nasional
Para juara seleksi regional yang digelar Main Dealer Astra Motor Jateng dalam ajang apresiasi dan kompetisi ide bisnis kreatif anak muda AHMBS Nasional di Jakarta, 22-25 Juli 2019. Foto/IST
A A A
SOLO - Rizal Alansyah, siswa SMK N 1 Batealit, Kabupaten Jepara bakal mewakili Jawa Tengah di ajang apresiasi dan kompetisi ide bisnis kreatif anak muda Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) Nasional di Jakarta, 22-25 Juli 2019. Ia sebelumnya menempati juara pertama dalam seleksi regional yang digelar Main Dealer Astra Motor Jateng selaku distributor sepeda motor Honda di Jateng.

Seleksi regional yang digelar pekan ini, dinilai oleh juri yang berasal dari kalangan akademisi. Yakni dosen Universitas Semarang, Yulianti dan dosen STIE Dharmaputra Semarang, M Taufiq. Bertemakan "Creativepreneur Gen Milenial", sebanyak 21 proposal bisnis yang telah diseleksi menjadi 8 proposal dipresentasikan oleh siswa yang berasal dari 8 SMA/SMK berbeda untuk memperebutkan juara pertama, kedua dan ketiga.

"Selanjutnya, juara pertama akan mewakili Jawa Tengah di kompetisi AHMBS nasional," kata Ronaldo Widjaja, Kepala Wilayah Astra Motor Jateng dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (20/6/2019).

Dirinya menyampaikan apresiasi bagi para peserta AHMBS tingkat regional Jawa Tengah yang berasal dari berbagai, seperti Semarang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Rembang, Pekalongan, dan sekitarnya. Seleksi peserta AHMBS tahun ini semakin ketat.

Penilaian dilakukan secara komprehensif terhadap kemampuan generasi muda yang memiliki minat berwirausaha dalam mengelola bisnis. Mulai dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM. Mereka pun juga harus mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis.

Pelajar yang mengikuti kompetisi diuji memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha. Kriteria yang dijadikan barometer penilaian antara lain meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan.

Puncak kegiatan akan dilangsungkan Juli 2019 sebagai ajang bagi para pemenang di level regional untuk mendapatkan inspirasi melalui Inspiring Seminar dari para ahli di bidangnya. Serta berbagai agenda seperti kegiatan di Kampung Labirin Astra Honda.

"Ini merupakan salah satu sarana untuk semakin menanamkan kreativitas yang telah dimiliki dan mengasah semangat kebangsaan untuk mengangkat kearifan lokal Indonesia di setiap daerah," katanya.

Sementara dalam AHM Best Student 2019 tingkat regional Jawa tengah, juara 2 ditempati Rafiqoh Zahroh dari SMK Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan, serta juara 3 Muchamad Ulil Absor dari SMA N 1 Sale Kabupaten Rembang.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6800 seconds (0.1#10.140)