alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PPDB Online SMA/SMK Negeri: Jalur Zonasi 90%, Prestasi 5%

Ahmad Antoni
PPDB Online SMA/SMK Negeri: Jalur Zonasi 90%, Prestasi 5%
Ilustrasi/KORAN SINDO

SEMARANG - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA/SMK Negeri di Jawa Tengah akan dimulai pada 1-5 Juli 2019. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng menyatakan kesiapannya untuk menggelar semua tahapan PPDB online.

Sebelum dimulai pendaftaran PPDB online 2019, Disdikbud Jateng akan melakukan tahapan verifikasi dokumen atau berkas untuk tingkat SMK negeri pada 17-22 Juni 2019 dan untuk jenjang SMA negeri pada 24-28 Juni 2019.

Untuk PPDB Online SMA/SMK Negeri di Jateng, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Jumeri menegaskan pihaknya tetap konsisten melaksanakan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 bahwa jalur zonasi kuotanya 90 persen dan jalur prestasi serta pindahan orang tua masing-masing lima persen.



“Untuk jalur zonasi 90 persen dilakukan modifikasi untuk memerbesar kuota siswa berprestasi yang masih dalam satu zona. Sehingga, sekolah-sekolah tidak kekurangan siswa atau mungkin kebanjiran pendaftar,” kata Jumeri, Kamis (20/6/2019).

Namun pihaknya mengancam kepada para siswa dan orang tua siswa yang di kemudian hari apabila melakukan pemalsuan dokumen sebagai syarat masuk ke sekolah negeri.

“Untuk surat keterangan domisili (SKD) yang dikeluarkan RT/RW dan diketahui lurah atau kepala desa setempat. Kemudian kita croscheck dengan asal usul SMP anak didik,” tegasnya.



(nun)

loading...