alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sultan Ingatkan Kreativitas untuk Kembangkan Pariwisata

suharjono,
Sultan Ingatkan Kreativitas untuk Kembangkan Pariwisata
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berbincang dengan bupati Gunungkidul Badingah saat syawalan DI bangsal Sewokoprojo Wonosari. FOTO/SINDOnews/Suharjono

GUNUNGKIDUL - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melanjutkan safari syawalan bersama Pemkab Gunungkidul. Dalam agenda yang digelar di bangsal Sewokoprojo Wonosari tersebut Sultan mengingatkan kreativitas untuk mengembangkan pariwisata.

Dalam sambutannya, Sultan memberikan apresiasi perkembangan Pariwista Gunungkidul yang berbasis komunitas. Begitu juga dengan perbedaan perspektif kebijakan yang hendaknya dihormati dan tetap konstruktif dan menyejahterakan masyarakat.

"Saya ikut berbangga, karena pembangunan pariwisata di sini berbasis komunitas. Sehingga pendapatan masyarakat pun menyebar peningkatannya. Dimana berpotensi menjadi wahana efektif upaya-upaya pengentasan kemiskinan oleh masyarakat sendiri," terangnya dalam sambutan syawalan, di Gunungkidul (20/6/2019) .



Untuk itu dia berharap Pemkab Gunungkidul memfasilitasinya. Hal ini bisa dilakukan dengan memudahkan akses membangun konektivitasnya antarobjek.
Sebagai contoh, Kata Sultan, dibukanya ruang publik Malioboro sebagai kawasan uji-coba semi-pedestrian setiap Slasa Wage, maka muncullah kreativitas masyarakat yang meningkatkan daya atraktif khas dan memberi nilai tambah Malioboro sebagai destinasi wisata budaya.

Selain itu, secara tak terduga nanti juga akan membuka ruang-ruang kreativitas baru yang tidak terprediksikan sebelumnya. "Maka dari itu, jika Pemerintah dan Masyarakatnya kurang kreatif, Gunungkidul pun akan seperti “raksasa yang tertidur lelap” yang tak akan mendapatkan apa-apa," katanya.

Sultan berharap pembangunan wilayah di timur Yogyakarta International Airport (YIA) dengan daya tarik wisata geopark dan pantainya bisa dimaksimalkan. Dengan demikian, wisatawan tidak hanya tertarik ke Borobudur." Yang harus kita bangun adalah regional image: “Melihat Borobudur dari Yogya, bukan sebaliknya melihat Yogya dari Borobudur,"ulasnya.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan bahwa pariwisata akan di dorong maksimal. Upaya promosi secara nasional bakal dilakukan." Infrastruktur juga demikian harus ditingkatkan termasuk jaringan listrik. Semua akan tersedia sehingga bisa menarik wisatawan," ungkapnya.



(nun)

loading...