HUT ke-73 Bhayangkara, Polres Salatiga Resik-Resik Lingkungan Pasar

Kamis, 20 Juni 2019 - 16:08 WIB
HUT ke-73 Bhayangkara, Polres Salatiga Resik-Resik Lingkungan Pasar
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono saat membersihkan sampah di lingkungan Pasar Raya Salatiga, Kamis (20/6/2019). FOTO/SINDOnews/ANGGA ROSA
A A A
SALATIGA - Polres Salatiga menggelar kegiatan resik-resik (bersih-bersih) lingkungan Pasar Raya Salatiga di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (20/6/2019). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2019.

Resik-resik pasar dipimpin langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono. Kegiatan ini juga diikuti instansi samping, antara lain Dinas Pasar Kota Salatiga. Berbekal kantong plastik, sapu dan sabit, sebanyak 300 orang yang terdiri dari anggota Polres Salatiga, dinas terkait dan masyarakat sekitar yang peduli kebersihan, beramai-ramai membersihkan sampah yang ada di sepanjang Jalan Jendral Sudirman dan Pasar Raya Salatiga.

"Fokus hari ini adalah sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Pasar Pagi. Saya juga ikut memungut sampah yang ada di lingkungan pasar," kata Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono.

Sampah dikumpulkan dalam kantong plastik dan tempat sampah yang sudah disediakan. Kemudian diangkut dengan kendaraan pengangkut sampah untuk dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA) Ngronggo, Kumpulrejo, Argomulyo.

"Momen ini sekaligus kita manfaatkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengelola sampah agar tidak menjadi permasalahan di masyarakat. Kita harus bersama-sama menanganinya untuk menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Lebih jauh Kapolres mengatakan, selain membangun kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan pengelolaan sampah, kegiatan juga untuk memupuk kemitraan Polri dengan masyarakat.

"Antusiasme masyarakat pun bisa dikatakan cukup tinggi. Mereka secara sukarela ikut bergabung dalam kegiatan ini. Bahkan banyak yang sukarela menyediakan minuman dan beberapa makanan jajanan khas pasar," ucapnya.

Kapolres menyatakan, kegiatan resik-resik ini tidak hanya bersifat seremonial belaka. Ke depan akan dijadikan kegiatan secara berkesinambungan sehingga kebersihan pasar dan lingkungan Kota Salatiga sekitarnya tetap terjaga dengan baik.

"Menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi sampah khususnya plastik. Jadikan pasar sebagai kegiatan ekonomi yang yang bersih, indah dan nyaman bagi pedagang dan pembeli sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9823 seconds (0.1#10.140)