alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Nasi Kuning Ayam Mentega untuk Sajian Keluarga

Dyah Ayu Pamela
Nasi Kuning Ayam Mentega untuk Sajian Keluarga
Nasi Kuning Ayam Mentega menjadi pilihan santap hari ini. Utamanya mereka yang bosan dengan menu yang itu-itu saja. Foto/Dyah Ayu Pamela.

JAKARTA - Nasi kuning sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa. Sebuah menu nasi kuning yang berbeda bisa untuk santap bersama keluarga? Inspirasi menu Nasi Kuning Ayam Mentega dari Chef Ghozali berikut ini bisa jadi alternatif.

Chef William Gozali, pemenang Masterchef Indonesia Season 3 ini sudah membuat olahan ini saat acara Kelas Pintar yang diselenggarakan Komunitas Sahabat Ibu Pintar, didukung oleh Blibli.com dan bekerja sama dengan Rumah Dandelion.

Berbeda dengan nasi kuning pada umumnya, resep nasi kuning dari chef yang akrab dipanggil Chef Willgoz ini menggunakan ayam yang dimarinasi dan dimasak dengan saus khas.



Nasi Kuning Ayam Mentega yang terasa gurih berbumbu itu dimasak dalam tiga tahap. Yaitu memarinasi daging ayam, membuat nasi kuning dan membuat saus. Tahap pertama saat memarinasi ayam diperlukan 500 gram daging ayam tanpa tulang, bubuk masala, bubuk paprika, bubuk karim lada hitam dan garam.

Tahap kedua, memasak nasi kuning yang menggunakan bahan bumbu seperti 500 gram beras, 600 liter air, kuning kunyit, 150 ml santan kental, secukupnya garam, lada putih, 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 5 lembar daun jeruk, 2 batang sereh, dan 20 gram kismis.

Lalu tahap ketiga membuat saus dengan bahan-bahan butter, 1 buah bawang Bombay, 2 buah cabai merah, 2 buah cabai rawit, setengah sendok teh bubuk masala, setengah sendok teh bubuk kari, setengah sendok teh pasta tomat, 200 ml tomat yang dihaluskan, 100 gram krim masak, 100 gram yogurt, setengah sendok teh garam, satu sendok teh lada hitam, dan daun ketumbar sesuai selera.

Pertama sekali untuk membuatnya marinasi ayam dengan semua bumbu marinate, diamkan setidaknya 30 menit di dalam kulkas. Lalu buat nasi kuningnya, cuci beras dan siapkan bumbu yang akan dihaluskan. Ambil panci dan masak kunyit, bawang merah, bawang putih, sereh, daun jeruk hingga wangi dengan minyak dan terlihat kecokelatan.

Ambil blender dan masukan bawang merah, bawang putih, kunyit, santan, air, garam, dan lada lalu blender hingga halus. Masak nasi dengan semua bahan di dalam blender hingga air meresap semua ke dalam nasi. Ambil kukusan dan kukus hingga semua nasi mengembang sekitar 25 menit.

Ambil panci, masak ayam hingga kecokelatan dengan minyak panas, lalu angkat dan sisihkan. Haluskan bumbu bawang Bombay, cabai, dan tomat puree pada blender. Masukan mentega di dalam panci dan panaskan. Lalu tuang isi bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan masak hingga harum dan mengental kecokelatan.

Selanjutnya tambahkan rempah bubuk kari dan garam masala, serta tomato paste dan ayam yang sudah dimasak tadi. Terakhir tambahkan yogurt, cooking cream, lada hitam, dan chopped daun ketumbar. Masak hingga mengental, ayam meresap dan warnanya menjadi lebih gelap.



(mif)

loading...