Mahasiswa UMP Ciptakan Celana Terapi Balita Berkaki O dan X

Kamis, 20 Juni 2019 - 09:43 WIB
Mahasiswa UMP Ciptakan Celana Terapi Balita Berkaki O dan X
Mahasiswa UMP Ciptakan Celana Terapi Balita Berkaki O dan X
A A A
PURWOKERTO - Kabar menggembirakan bagi orang tua yang mempunyai masalah kaki O dan X pada balitanya. Tiga orang mahasiswa Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah memberikan solusi dengan menciptakan sebuah produk inovatif untuk bayi di bawah lima tahun (balita) yang diberi nama "Thepagen (Therapy Pants Gen Varum dan Valgum)".

Produk yang diluncurkan berupa celana terapi yang dapat memperbaiki dan mencegah posisi kaki balita berusia 2-3 tahun yang memiliki bentuk kaki O dan kaki X. Produk ini juga dapat memberikan rasa nyaman saat mobilisasi atau beraktivitas.

Pada penyakit tulang fase awal, penggunaan alat penyangga (brace/splint) merupakan cara yang tepat untuk memperbaiki sudut varus proksimal tibia. Paling baik dilakukan pada usia di bawah 3 tahun. Salah satu metode pemasangan alat penyangga yang sering digunakan untuk memperbaiki sudut varus proksimal tibia adalah Knee ankle foot orthosis (KAFO).

Metode ini memfiksasi lutut pada posisi ekstensi dan memberikan ruang medial agar menjadi valgus. "Untuk hasil yang lebih baik, alat penyangga ini digunakan 23 jam sehari, selama 2 tahun atau tergantung derajat angulasi varus," ujar Kurnia, sang Ketua tim penemu alat tersebut.

Produk celana terapi tersebut dibuat dengan bahan katun yg dikombinasikan dengan busa dan perekat di dalamnya. Harga yang terjangkau orang tua dapat membelinya dengan mudah.

Anggota Tim PKM-K UMP, Renaldi, menjamin produk bentuk celana tersebut memiliki kontruksi sangat kuat sehingga mudah digunakan. Selain itu dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi, aman, warna yang menarik. Harga yang terjangkau akan menarik perhatian orang tua yang memiliki anak dengan bentuk kaki X dan O.

Thepagen yang merupakan akronim dari Therapy Pants Genu Valgum dan Genu Varum diciptakan oleh Kurnia Pristiyani dari Keperawatan S1, Renaldi Mahesa Putra dari Keperawatan S1 dan Falah Dinar dari Pendidikan Dokter.

Ketiga mahasiswa UMP tersebut tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kemahasiswaan (PKM-K) yang terdiri dari satu mahasiswa Fakultas Kedokteran dan dua mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan.

Tim tersebut dibimbing oleh dosen UMP Dr Umi Solikhah SPd SKep Ns MKep. "Inovasi ini sangat membantu masyarakat dalam memberikan solusi bagi anak-anak dengan permasalahan bentuk kaki X atau O, sehingga dapat beraktivitas lebih nyaman dan percaya diri."

"Apalagi produk ini dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Inovasi ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam membangun negara sesuai bidang ilmu, menerapkan dan mengembangkan ilmu agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," terang Dr Umi.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3255 seconds (0.1#10.140)