Pustekkom Kemendikbud Ajak Siswa Jateng Berkompetisi di Kuis Kihajar

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:00 WIB
Pustekkom Kemendikbud Ajak Siswa Jateng Berkompetisi di Kuis Kihajar
Pengembang Teknologi Pembelajaran Muda Pustekom Kemendikbud, Sri Indah Suryaningsih (berjilbab) dan Pengelola Sistem Informasi dan Jaringan Pustekkom Kemendikbud, Maria Triyani Pusponingrum dalam talk show Hot Topic di Studio MNC Trijaya FM Semarang, Rabu
A A A
SEMARANG - Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Pustekkom Kemendikbud) menggelar Kuis Kihajar 2019.

Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) merupakan ajang kompetisi bagi peserta didik SD, SMP, SMA dan SMK atau sederajat di seluruh tanah air dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Menurut Pengembang Teknologi Pembelajaran Muda Pustekom Kemendikbud, Sri Indah Suryaningsih, Kuis Kihajar ini sebagai wahana untuk menyosialisasikan pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui pemanfaatan siaran TV Edukasi.

"Kami memiliki kegiatan Anugerah Ki Hajar sebagai penghargaan untuk siswa, guru kepala daerah dan stakeholder pendidikan yang peduli TIK. Salah satunya adalah mengadakan Kuis Kihajar yang ditujukan untuk pelajar SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat dan SILN untuk memotivasi siswa siswi memanfaatkan TIK melalui siaran TV Edukasi dengan mengakses menu mekanisme di website tve.kemendikbud.go.id," kata Sri Indah kepada SINDOnews seusai berbicara dalam talk show Hot Topic di Studio MNC Trijaya 89.9 FM Semarang, Rabu (19/6/2019).

Selain memotivasi siswa untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, lanjut dia, Kuis Kihajar ini juga bertujuan meningkatkan kebiasaan belajar siswa serta menumbuhkan kemandirian bangsa dalam memanfaatkan dan mengembangkan TIK untuk pendidikan. "Kuis Kihajar ini juga memfasilitasi siswa untuk berprestasi," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk pelaksaan mengikuti Kuis Kihajar dimulai pada Maret sampai dengan Agustus 2019. "Peserta bisa mengikuti Kuis Kihajar melalui SMS (08111136783), melalui web/laman dengan mengakses https://tve.kemendikbud.go.id pilih menu Kihajar untuk mendapatkan username serta pasword, dan untuk SILN melalui TV Edukasi," katanya.

Sri Indah menyampaikan, lima pemenang terbaik dipilih setiap bulan per jenjangnya (SD,SMP,SMA/SMK sederajat). Selanjutnya akan dilombakan ulang pada September 2019.

"Para pemenang Kuis Kihajar melalui SMS, website, SILN dan tingkat provinsi akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Kuis Kihajar tingkat nasional dan bergabung dengan kompetisi lain dalam rangkaian anugerah Ki Hajar," katanya.

Pihaknya berharap siswa siswi di Jateng dan khususnya Kota Semarang untuk mengikuti Kuis Kihajar dengan memanfaatkan TIK melalui siaran TV edukasi. Untuk Kuis Kihajar di tingkat Provinsi Jateng, Pustekkom Kemendikbud bekerja sama dengan Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (BPTIK Dikbud) Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7329 seconds (0.1#10.140)