Hari Ketiga PPDB, Pendaftar Sejumlah Sekolah di Kendal Melebihi Kuota

Rabu, 19 Juni 2019 - 20:02 WIB
Hari Ketiga PPDB, Pendaftar Sejumlah Sekolah di Kendal Melebihi Kuota
Hingga hari ketiga PPDB, pendaftar SMP Negeri 2 Kendal telah melebihi kuota. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Pada hari ketiga Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kendal sudah kelebihan kuota pendaftar. Nantinya siswa akan disalurkan ke sekolah pilihan kedua.

Salah satu sekolah yang telah kelebihan pendaftar adalah SMP Negeri 2 Kendal. Jumlah peminat sekolah 360 siswa, padahal daya tampungnya hanya 256 siswa. Itu berarti ada 100 calon siswa yang terpaksa dialihkan ke sekolah pilihan kedua.

Ketua panitia PPDB SMP Negeri 2 Kendal, Nadhirin mengatakan, siswa yang tidak masuk kuota sekolahnya otomatis akan disalurkan ke sekolah terdekat. "Siswa tidak harus mencabut berkas atau mendaftar lagi karena sistem otomatis akan menyalurkan ke sekolah terdekat," kata Nadhirin, Rabu (19/6/2019).

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Parno mengatakan, penerimaan siswa baru tingkat SMP menggunakan sistem zonasi bukan ranking nilai. "Siapa yang masuk dalam zonasi dan mendaftar lebih cepat itu yang akan diterima," katanya.

Sementara itu, Fitri, salah satu orang tua siswa merasa kesulitan karena anaknya di peringkat bawah dan telah di luar kuota. "Saya akan cabut berkas dan pindah ke sekolah lain," katanya.

Terpisah, Bupati Kendal Mirna Annisa mengingatkan agar tidak ada pungutan dalam penerimaan siswa baru ini. "Jika ada pungutan atau kecurangan dalam pelaksanaan PPDB, maka silakan laporkan dan akan segera ditindaklanjuti," ujar Mirna.

PPDB 2019 menggunakan sistem zonasi dan kecepatan dalam mendaftar secara online. Sejumlah orang tua calon siswa mengeluhkan sistem ini karena tidak bisa memilih sekolah yang diinginkan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2469 seconds (0.1#10.140)