Buka SBMPTN, Undip Tak Tentukan Standar Minimal UTBK

Selasa, 18 Juni 2019 - 18:38 WIB
Buka SBMPTN, Undip Tak Tentukan Standar Minimal UTBK
Tes wawancara dan praktik calon mahasiswa yang mendaftar dari jalur SBUB/IUP Undip. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tak menentukan passing grade standar minimal nilai Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang digunakan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Semua peserta yang memiliki nilai UTBK boleh mendaftar dan nantinya bersaing dengan peserta lain.

"Nilai UTBK kan yang berwenang mengeluarkan LTMPT (Lembega Tes Masuk Perguruan Tinggi)," kata Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru Undip 2019, Prof Eddy Rianto, Selasa (18/6/2019).

Karena itu, kata Eddy, calon mahasiswa harus betul-betul mencermati dan bisa memprediksi sendiri pilihan prodinya. "Dengan mempertimbangkan PTN yang dituju, fakultas, daya tampung, dan ketat tidaknya persaingan," kata Guru Besar Peternakan Undip yang juga Kepala LP2MP itu.

Tahun ini, Undip menerima sebanyak 2.146 calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Sementara untuk jalur SBMPTN daya tampung sebanyak 4.850 calon mahasiswa dari. Selain kedua jalur masuk juga disediakan jalur Ujian Mandiri (UM), termasuk di dalamnya Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) bersumber dari calon mahasiswa yang memiliki prestasi Akademik, Seni dan Olahraga serta jalur IUP (khusus untuk kelas internasional).

Mulai tahun ini, ada hal berbeda dalam penerimaan mahasiswa baru di seluruh perguruan tinggi negeri, khususnya jalur SBMPTN. Sebelum calon mahasiswa mendaftarkan pilihan prodi melalui SBMPTN, beberapa waktu lalu mereka diwajibkan mengikuti UTBK (Ujian Test Berbasis Komputer) yang diselenggarakan secara nasional oleh Lembega Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT memberikan kesempatan maksimal dua kali tes bagi peserta untuk memperoleh nilai yang digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

"Mereka yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN otomatis tidak bisa mendaftar SBMPTN. Dan mereka yang tidak mengikuti UTBK, juga tidak bisa mendaftar SBMPTN, karena tidak memiliki nilai UTBK yang digunakan sebagai saringan masuk SBMPTN," kata Kepala Humas Undip, Nuswantoro Dwiwarno.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7694 seconds (0.1#10.140)