alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polres Sukoharjo Tangkap Mantan Guru Buronan Kasus Dana BOS

Ary Wahyu Wibowo
Polres Sukoharjo Tangkap Mantan Guru Buronan Kasus Dana BOS
Polres Sukoharjo menangkap buronan kasus dugaan korupsi dana bantuan operasional sekolah (BOS) salah satu SMK negeri di Sukoharjo. FOTO/ILUSTRASI/SINDOnews

SUKOHARJO - Polres Sukoharjo menangkap buronan kasus dugaan korupsi dana bantuan operasional sekolah (BOS) salah satu SMK negeri di Sukoharjo. DS, pecatan guru sekolah tersebut ditangkap polisi di wilayah Kecamatan Cawas, Klaten.

DS sebelumnya ditetapkan tersangka pada 2014 oleh polisi setelah diduga merugikan negara Rp111 juta. Dana BOS tahun 2012-2013 diduga dipakai untuk kepentingan pribadi.

"POlres Sukoharjo mulai melakukan penyelidikan atas kasus itu mulai tahun 2013," kata Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Gede Yoga Sanjaya saat dihubungi SINDOnews, Selasa (18/6/2019).



Selama penanganan kasus itu, DS belum pernah diperiksa polisi. Sebab kasus itu pada awalnya DS diduga membawa lari dana BOS. Saat dimintai pertanggungjawaban keuangannya, DS yang merupakan bendahara sekolah diduga kabur. Selama proses penyelidikan danĀ  penyidikan, polisi telah memiliki bukti bukti yang lengkap menetapkan DS sebagai tersangka pada 2014.

Setelah ditangkap pada Minggu (16/6/2019) malam lalu, DS langsung ditahan guna proses pemberkasan perkara. Namun pihaknya belum dapat memastikan kapan akan dilimpahkan ke Kejaksaaan Negeri (Kejari) Sukoharjo. "Tergantung nanti Jaksanya menyatakan berkasnya lengkap kapan," katanya.

Sejauh ini, baru satu tersangka yang ditetapkan. Polisi masih mendalami kemungkinan adanya keterlibatan pihak pihak lainnya. Untuk menangkap tersangka, diakui butuh waktu karena DS selama ini hidupnya berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lainnya.

Hingga akhirnya polisi mendapatkan informasi DS tinggal di sebuah rumah kontrakan di Sragen. Dalam perkara itu, DS dijerat Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dengan ancaman 20 tahun penjara.



(amm)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif