Jamaah Calon Haji asal Jawa Tengah Dikumpulkan Satu Maktab

Selasa, 18 Juni 2019 - 14:59 WIB
Jamaah Calon Haji asal Jawa Tengah Dikumpulkan Satu Maktab
Rombongan jamaah calon haji saat berangkat dari Bandara Adi Soemarmo Solo. Tahun ini, jamaah calon haji asal Jateng akan dikumpulkan dalam satu maktab atau pemondokan. FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - Kabar gembira bagi para jamaah calon haji (Calhaj) asal Jawa Tengah. Mereka bakal bisa menikmati kenyamanan selama menjalani tahapan ibadah haji di Tanah Suci. Pasalnya, calhaj Jateng akan dikumpulkan dalam satu maktab atau pemondokan.

Menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, keputusan menjadikan dalam satu maktab tersebut berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama untuk membuat zonasi per wilayah. Bahkan, maktabnya juga diundi sesuai kelompok terbang (kloter).

"Dengan kemudahan dan kenyamanan yang diberikan bagi jamaah calon haji itu asal Jateng juga menentukan kualitas hidup jamaah selama berada di Tanah Suci," kata Ganjar, Selasa (18/6/2019).

Gubernur menerangkan, dengan fasilitas yang diberikan itu akan membuat jamaah calhaj khusuk selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

"Mungkin akan membikin para jamaah ayem (tenang), ya. Ternyata, mereka bisa disatukan dalam satu areal dan bahkan hotelnya bisa dalam kapasitas besar. Itu, Insya Allah Jawa Tengah bisa kumpul jadi satu. Selain itu, makanannya kita sesuaikan dengan taste masyarakat Jateng Sehingga, ini akan bikin mereka nyaman di sana," ujarnya.

Pada 2019, ada 30.000-an jamaah calon haji asal Jateng yang akan menunaikan ibadah haji dan ditampung dalam 96 kloter. Sedangkan seluruh Indonesia, tercatat ada 231.000 kuota jamaah calon haji.

Untuk gelombang pertama akan berangkat pada 7-19 Juli 2019, dan gelombang kedua diberangkatkan pada 20 Juli-5 Agustus 2019. Sementara jadwal pemulangan untuk gelombang pertama pada 7-19 Agustus 2019 dan kedua dilakukan pada 30 Agustus-15 September 2019.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.8024 seconds (0.1#10.140)