alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nikmatnya Santap Siang dengan Rendang Kerang

Diana Rafikasari
Nikmatnya Santap Siang dengan Rendang Kerang
Ilustrasi rendang kerang. Foto/Cook Pad

JAKARTA - Menu seafood bisa menjadi santap siang yang lezat, termasuk juga olahan kerang. Makanan laut ini bisa dikreasikan menjadi berbagai macam kreasi. Sebut saja rendang kerang yang cocok disantap bersama nasi putih hangat.

Inovasi rendang kerang ini berbeda dari yang pada umumnya, di mana menawarkan tekstur lembutnya daging kerang berpadu dengan beragam rempah yang membuat ketagihan.

Tertarik membuatnya? Berikut resep membuat rendang kentang untuk santap siang seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.



Bahan-bahan:
400 g kerang hijau, cuci bersih
3 lbr daun jeruk, buang bagian tulangnya
2 lbr daun salam
2 btg serai, memarkan bagian putihnya
2 lbr daun kunyit
2 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon
1 sdt garam
½ g lada
700 ml santan kental
Minyak

Bumbu halus:
7 siung bawang putih
9 siung bawang merah
7 buah cabai merah
2 ruas kunyit
30 ml minyak untuk blender
Bawang goreng

Cara membuatnya:
1. Lumuri kerang dengan perasan jeruk nipis lalu diamkan 15 menit untuk menghilangkan bau amis, setelah itu cuci dengan air panas dan tiriskan. Campur semua bumbu ke dalam blender, kemudian tambahkan minyak, blender sampai halus. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, dan serai hingga harum dan matang.

2. Beri santan, aduk lalu bumbui dengan gula pasir dan garam. Masukkan kerang, aduk dan masak hingga mendidih dengan api kecil. Setelah mendidih lanjutkan memasak hingga bumbu meresap dan matang. Biasanya sampai keluar minyak, angkat. Kerang rendang siap dihidangkan dengan taburan bawang goreng dan nasi hangat.



(mif)

loading...
Berita Terkait