Detik-Detik Awal Kerusuhan di Rutan Solo, Dipicu Teriakan Provokasi

Kamis, 10 Januari 2019 - 20:56 WIB
Detik-Detik Awal Kerusuhan di Rutan Solo, Dipicu Teriakan Provokasi
Keributan di Rutan Surakarta dipicu oleh teriakan yang bernada provokasi dari salah satu kelompok tahanan kepada pembesuk. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SEMARANG - Aparat gabungan diterjunkan untuk meredam kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Solo Jawa Tengah. Keributan itu dipicu oleh teriakan yang bernada provokasi dari salah satu kelompok tahanan kepada pembesuk di kelompok laskar.

"Kejadian kericuhan bermula dari jam besuk tahanan. Di mana pada pukul 10.00 WIB sekira 20 orang ikhwan laskar tiba ke Rutan Kelas I Surakarta untuk membesuk tahanan dari kelompok laskar," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Agus Triatmaja, Kamis (10/1/2019).

"Pada saat itu para pembesuk dari kelompok laskar dibagi per kelompok lima orang dengan waktu sekira 20 menit untuk menemui tahanan laskar di Aula Rutan. Kelompok I kunjungan berjalan dengan aman," katanya.

Sekitar pukul 10.55 WIB, pada saat kloter kedua dan pembesuk kelompok laskar hendak pulang, mereka meneriakkan takbir. Teriakan takbir dari kelompok laskar dibalas suara bernada provokasi dari tahanan Blok C1 (napi kriminal).

Pada blok ini dihuni kelompok Agus Ardiansyah alias Bebek (Napi kasus 363 KUHP/Pencurian), Ucok Devran Devries (Napi kasus 363 KUHP/Pencurian), dan Koes Setiawan Danang Mawardi alias Iwan Walet (Kasus 170 KUHP/Penganiayaan). (Baca Juga: Ini Penyebab Kerusuhan di Rutan Surakarta
Sebelumnya pernah terjadi keributan antara kedua belah pihak, sehingga membuat ikhwan-ikhwan laskar emosi. Selanjutnya mereka mendatangi napi Blok C1 yang lantas dilempari batu dan kelompok laskar membalas lemparan tersebut hingga terjadi aksi saling lempar batu.

"Melihat kejadian tersebut, pembesuk dari kelompok laskar langsung disuruh keluar oleh pihak pengamanan rutan. Dan tahanan dari kelompok laskar juga dipindahkan ke Ruang Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan. Sementara itu dari pihak napi kriminal biasa berusaha merangsek hingga menjebol pintu Blok C1 dengan Blok B," katanya.

Kemudian, sekitar pukul 11.00 WIB 1 SST Dalmas Polresta Surakarta tiba di Rutan Kelas I Surakarta dan langsung mengambil tindakan untuk menetralkan keadaan. Pukul 11.35 WIB Wakapolresta Surakarta AKBP Andi Rifai didampingi Danramil 05/Pasar Kliwon Kapten Kurdi tiba, dan menuju ke Blok B.

Pukul 11.50 WIB Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Ali Achwan tiba di Rutan Kelas I Surakarta. Pukul 13.55 WIB narapida Koes Setiawan Danang Mawardi dipindahkan ke Lapas Sragen dengan menggunakan rantis baracuda. (Baca Juga: Biang Rusuh Rutan Solo, Napi Dipindah ke Sragen dan Semarang
Selanjutnya pada pukul 14.45 WIB napi dari kelompok laskar antara lain, Isan alias Abdullah Ihsan (33), Rahmad Sardiansyah (20), Komari alias Komar (39), Harnang Tedy T (40), Geri Angger Raharjo (19), dipindahkan ke Semarang. "Mereka (lima orang) dibawa ke Mapolda Jateng. Ini baru sampai dan sedang dilakukan pendataan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9977 seconds (0.1#10.140)