Tahun Ini, 7,7 Juta Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Semarang

Selasa, 18 Juni 2019 - 05:57 WIB
Tahun Ini, 7,7 Juta Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Semarang
Ribuan orang melihat atraksi reog pada puncak perayaan tahun baru Imlek 2570 di pelataran Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang. Tahun ini sebanyak 7,7 wisatawan ditargetkan berkunjung ke Semarang. FOTO/SINDOphoto/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mencatat dalam lima bulan terakhir tak kurang dari 3,2 juta wisatawan telah berkunjung ke Kota ATLAS. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara disebutkan juga memiliki kontribusi besar dalam catatan tersebut.

Pasalnya bila menilik rata-rata kunjungan di tahun sebelumnya, hingga Mei 2019 terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara sekitar 20% ke Kota Semarang. Jumlah kunjungan wisatawan Kota Semarang mampu menempel ketat daerah wisata unggulan lainnya di wilayah Joglo Semar (Jogja-Solo-Semarang).

"Sebelumnya rata-rata peningkatan hanya sekitar 300.000 setiap tahunnya. Namun di 2019 proyeksi realisasi variabel kunjungan wisatawan ke Kota Semarang kami optimistis di angka 7,7 juta wisatawan," kata Kepala Bidang Industri Pariwisata (Inpar) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Samsul Bahri Siregar, Senin (17/6/2019).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari menyebut, proyeksi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan pada 2019 bisa jadi yang tertinggi di wilayah Joglo Semar. Sebab, jika melihat daerah wisata unggulan selain Kota Semarang di Joglo Semar seperti Kabupaten Sleman, peningkatan wisatawan per tahunnya berkisar 1 juta wisatawan.

"Kalau Sleman di 2018 sudah bisa capai 8,5 juta wisatawan, kita optimistis dengan proyeksi lonjakan seperti ini, Semarang bisa saja melampaui di 1-2 tahun ke depan," ujarnya.

Di sisi lain Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengharapkan proyeksi lonjakan kunjungan wisatawan dapat didukung oleh seluruh stakeholder. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, tentunya akan mendongkrak perekonomian.

"Maka ketika ditetapkan bahwa salah satu konsentrasi pembangunan Kota Semarang adalah pada sektor pariwisata, komitmen ini harus dipegang oleh seluruh pihak yang ada di Kota Semarang," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1581 seconds (0.1#10.140)