Evakuasi Bangkai Helikopter Jatuh Sempat Terkendala Hujan Deras

Minggu, 07 Juni 2020 - 08:15 WIB
loading...
Evakuasi Bangkai Helikopter Jatuh Sempat Terkendala Hujan Deras
Sejumlah petugas berjaga di lokasi jatuhnya Helikopter MI-17 di area KIK Kaliwungu, Kendal, Sabtu (6/6/2020) malam. FOTO/Istimewa
A A A
KENDAL - Pangdam Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi terjun langsung ke lokasi jatuhnya helikopter jenis MI 17 milik TNI AD , Sabtu (6/6/2020) malam. Kehadiran Pangdam guna memantau proses evakuasi bangkai heli Penerbad dengan nomor registrasi HA 5141 yang jatuh dan terbakar di area Kawasan Industri Kendal(KIK) Dusun Wonokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal .

Proses evakuasi dimulai pukul 21.00 WIB dengan melibatkan tim Labfor Polda Jateng dan mengerahkan puluhan truk untuk mengangkut puing-puing helikopter . Namun evakuasi pemotongan dan pengangkutan heli hanya berlangsung sejam, pada pulul 22.00 WIB terpaksa dihentikan karena hujan lebat mengguyur.

Seperti diketahui, helikopter jenis MI 17 terjatuh dan terbakar di KIK Kaliwungu terjadi pada Sabtu (6/6/2020) pukul 14.15 WIB. Dalam keterangan resmi tertulis, Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus mengungkapkan helikopter nahas tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang sebagai bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1.( )

Kadispenad menyatakan bahwa helikopter dalam kondisi baik sebelum terbang karena saat dilaksanakan Pre-flight Check tidak ditemukan hal-hal menonjol. Selain itu, misi latihan terbang endurance pertama (sebelum misi ke-2) juga berjalan dengan aman.

Helikopter MI-17 ini terbakar dan menyebabkan 4 perwira Penerbad meninggal dunia, sementara 5 personil mengalami luka-luka.( )
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3763 seconds (0.1#10.140)