alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Disdikpora DIY Bantah Lulusan SMK Banyak yang Nganggur

suharjono,
Disdikpora DIY Bantah Lulusan SMK Banyak yang Nganggur
Kepala Disdikpora DIY Kadarmanto Baskara Aji menyebut untuk DIY lulusan SMK justru menjadi penyedia tenaga kerja. ILUSTRASI/DOK

YOGYAKARTA - Pernyataan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengenai lulusan SMK penyumbang pengangguran di Indonesia membuat gerah berbagai kalangan. Bahkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY membantah ucapan Menteri tersebut.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanto Baskara Aji mengatakan, untuk DIY lulusan SMK justru menjadi penyedia tenaga kerja. Bahkan jauh melebihi SMA. "Lulusan SMK itu bukan penyumbang pengangguran, namun penyedia tenaga kerja," terangnya kepada SINDOnews, Senin (17/6/2019). (Baca juga : Ini Temuan UAD Kenapa Lulusan SMK Banyak yang Nganggur)

Dijelaskannya, pihaknya menjamin alumnus SMK menjadi tenaga kerja siap kerja. Bahkan data yang diterimanya, lulusan SMK yang baru lulus 60 persen langsung masuk dunia kerja." Kemudian 12 persen data yang kami terima yang meneruskan ke perguruan tinggi," katanya.



Dilanjutkannya, di DIY untuk SMK negeri ada 49. Selain itu, ratusan SMK swasta yang ada di kota pelajar tersebut. "Upaya melakukan inovasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dunia usaha terus dilakukan. Dengan demikian begitu lulus sudah banyak perusahaan yang siap menerima lulusan SMK," pungkasny



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif