Rusuh di Rutan Kelas I Surakarta, Ini Kronologinya

Kamis, 10 Januari 2019 - 18:07 WIB
Rusuh di Rutan Kelas I Surakarta, Ini Kronologinya
Kerusuhan terjadi di Rutan Kelas I Surakarta, Kamis (10/1/2019). Keributan dipicu adu teriakan antara pembesuk dan penghuni tahanan. FOTO/IST
A A A
SOLO - Kerusuhan terjadi di Rutan Kelas I Surakarta, Kamis (10/1/2019). Keributan dipicu adu teriakan antara pembesuk dan penghuni tahanan.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmaja membeberkan bahwa kejadian bermula ada 20 orang penjenguk datang dan dibagi per kelompok 5 orang untuk masuk dengan durasi 20 menitan untuk menemui tahanan di aula.

"Namun, saat kloter kedua dan pembesuk hendak pulang, mereka meneriakkan takbir. Teriakan dibalas dengan suara menyerupai hewan dari tahanan Blok C1 atau Napi kriminal," ungkap Agus.

Dia menyebutkan, kelompok Agus Ardiansyah als Bebek (napi kasus Pencurian), Ucok Devran Devries (napi kasus Pencurian) dan Koes Setiawan Danang Mawardi alias Iwan Walet (kasus penganiayaan) yang sebelumnya pernah terjadi keributan mendatangi napi Blok C1 kemudian terjadi aksi saling lempar batu.

"Melihat kejadian tersebut, pembesuk langsung disuruh keluar oleh pihak Pengamanan Rutan. Tahanan dari kelompok yang dibesuk juga dipindahkan ke Ruang Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan. Sedangkan, dari pihak napi kriminal berusaha merangsek hingga menjebol pintu Blok C1 dengan Blok B," ungkapnya.

Selanjutnya dilakukan evakuasi dan pemindahan tahanan ke Sragen dan Kedungpane Semarang untuk mengurangi konflik yang berkelanjutan.

Berikut Kronologis Kerusuhan di Rutan Kelas I Surakarta

1. Pukul 10.00 WIB
20 orang penjenguk datang dan dibagi per kelompok 5 orang untuk masuk dengan durasi 20 menitan untuk menemui tahanan di aula.

2. Pukul 10.55 WIB
Ketika kloter kedua dan pembesuk hendak pulang, mereka meneriakkan takbir. Teriakan dibalas dengan suara menyerupai hewan dari tahanan Blok C1 atau Napi kriminal.

3. Pukul 11.00 WIB
1 SST Dalmas Polresta Surakarta tiba di Rutan Klas I Surakarta dan langsung mengambil tindakan untuk menetralkan keadaan.

4. Pukul 11.35 WIB
Wakapolresta Surakarta AKBP Andi Rifai didampingi Danramil 05/Pasar Kliwon Kapten Kurdi tiba di Rutan Klas I Surakarta selanjutnya menuju ke Blok B.

5. Pukul 11.50 WIB
Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Ali Achwan tiba di Rutan Klas I Surakarta.

6. Pukul 13.55 WIB
Narapidana Koes Setiawan Danang Mawardi dipindahkan ke Lapas Sragen dengan menggunakan Rantis baracuda.

7. Pukul 14.45 WIB
Narapidana dari kelompok yang dibesuk dipindahkan ke Lapas Kedungpane Semarang.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4026 seconds (0.1#10.140)