alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dishub Salatiga Luncurkan KIPAS 1245, Ini Tujuannya

Angga Rosa
Dishub Salatiga Luncurkan KIPAS 1245, Ini Tujuannya
Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat meluncurkan program KIPAS 1245 di Kampus III IAIN Salatiga. Foto/IST

SALATIGA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga meluncurkan program Kami Peduli Anak Sekolah (KIPAS) 1245. Program ini untuk melayani masyarakat di bidang transportasi umum pada jalur pendidikan Kota Salatiga.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan, hadirnya program KIPAS 1245 dapat memberikan pelayanan transportasi yang baik kepada masyarakat, mahasiswa dan mahasiswi. Di sisi lain juga untuk menggeliatkan usaha angkutan kota (angkota).

"Dengan hadirnya jalur KIPAS 1245, masyarakat beserta pengusaha maupun awak angkota di jalur yang telah ditentukan, bisa menjadi solusi akan kebutuhan dari masyarakat. Pada akhirnya akan mampu meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat," katanya, Sabtu (15/6/2019).



Yuliyanto mengungkapkan, inovasi ini merupakan solusi dan jawaban atas kekhawatiran yang ada beberapa waktu lalu. Dengan adanya teknologi yang dimanfaatkan, maka akan memberikan kontribusi positif.

Menurut Yuliyanto, angkota dituntut tumbuh sesuai dengan perkembangan zaman. Pelaku usaha moda transportasi tersebut harus menyesuaikan dengan kondisi sekarang.

"Semoga terus dijaga dengan pelayanan yang baik. Nantinya akan menjadi contoh yang baik buat lainnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Salatiga Sidqon Effendi mengatakan, di Kota Salatiga masih ada beberapa wilayah yang belum terlayani jaringan pelayanan angkutan umum khususnya masyarakat, pelajar dan mahasiswa. Seperti di Kelurahan Kalibening yang terdapat SMK Negeri 3, Kelurahan Ledok terdapat SMP Negeri 8 dan Kelurahan Pulutan yang terdapat kampus III IAIN Salatiga dimana masing-masing mempunyai jumlah murid maupun mahasiswa yang besar namun belum terlayani jaringan angkutan.

"Guna memberikan kemudahan aksesibilitas dan mobilitas bagi mereka, maka kami berinovasi mengajak stakeholder seperti Organda, IPAS, Paguyuban jalur angkota, IAIN, SMP, SMK, pondok pesantren dan lainnya dengan memberdayakan potensi angkota yang ada untuk melakukan terobosan tersebut," ujarnya.

Dia berharap, trayek baru angkota yang telah disiapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat. "Jalur angkota yang akan digunakan ada 4 jalur trayek. Keempat jalur ini yakni, Jalur 1B yakni dari Tamansari-IAIN Kampus III-Karangrejo, untuk Jalur 2B yakni Tamansari-IAIN Kampus III-Modangan, kemudian di Jalur 4B mulai Tamansari-SMKN 3- SMPN 8-Kalibening, dan yang terakkhir 5B mulai Tamansari-SMPN 8-Cengek," katanya.



(AMM)

loading...