Awas, Ancaman Gelombang Tinggi 4 Meter hingga 17 Juni

Sabtu, 15 Juni 2019 - 07:29 WIB
Awas, Ancaman Gelombang Tinggi 4 Meter hingga 17 Juni
Gelombang laut hingga empat meter masih mengancam sejumlah perairan di Tanah Air hingga beberapa hari ke depan. FOTO/ILUSTRASI/IST
A A A
CILACAP - Gelombang laut hingga empat meter masih mengancam sejumlah perairan di Tanah Air hingga beberapa hari ke depan. Masyarakat pesisir serta seluruh aktivitas pelayaran diimbau selalu berhati-hati dan meningkatkatkan kewaspadaan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap menyampaikan peringatan dini gelombang tinggi itu berlaku 14-17 Juni 2019 pukull 07.00 WIB.

"Tinggi gelombang 2,5—4 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, perairan selatan Yogyakarta, Samudra Hindia Selatan Cilacap, Samudra Hindia Selatan Kebumen, Samudra Hindia Selatan Cilacap, Samudra Hindia Selatan Purworejo, Samudra Hindia Selatan Yogyakarta," kata prakirawan BMKG, Rendi Krisnawan, Jumat (14/6/2019).

Gelombang tinggi di sejumlah wilayah itu dipicu oleh pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari timur—tenggara dengan kecepatan 4-15 knot. Sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari timur—tenggara dengan kecepatan 4-25 knot.

Sementara kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Pulau Enggano hingga selatan Jawa, Perairan Pulau Sawu—Pulau Rote, Laut Timor, Perairan Sulawesi Tenggara, Laut Banda, Perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, Perairan Kepulauan Kei-Kepulauan Aru, Laut Arafuru, Perairan Yos Sudarso-Merauke.

"Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran Perahu Nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter)," tutur dia.

"Kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter). Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2124 seconds (0.1#10.140)