alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UGM Sediakan 3.090 Kuota Mahasiswa Baru via Jalur SBMPTN

Abdul Malik Mubarok
UGM Sediakan 3.090 Kuota Mahasiswa Baru via Jalur SBMPTN
UGM akan menerima 3.090 mahasiswa baru melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). FOTO/ILUSTRASI/IST

JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan menerima 3.090 mahasiswa baru melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang pendaftarannya telah dibuka Senin (10/6/2019). Jumlah ini setara 45% dari keseluruhan daya tampung 68 program studi S1.

"Tahun ini UGM akan menerima 3.090 mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani, seperti dikutip dari situs resmi UGM, Jumat (14/6/2019).

SBMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru UGM di samping jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang telah lebih dahulu dilaksanakan serta jalur ujian mandiri. Persyaratan untuk mengikuti SBMPTN adalah memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang masih berlaku, memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah, serta merupakan lulusan pendidikan menengah maksimal tiga tahun terakhir.



Pada tahun ini, proses seleksi di dalam jalur SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). UTBK sendiri diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Pendaftaran SBMPTN 2019 akan berlangsung hingga 24 Juni mendatang. Sementara hasilnya akan diumumkan pada 9 Juli 2019. Untuk penerimaan melalui jalur mandiri, UGM menyelenggarakan seleksi jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU) yang hasilnya akan diumumkan pada 28 Juni mendatang, serta Ujian Tulis (UTUL) UGM yang pendaftarannya dibuka pada 11 Juni hingga 1 Juli 2019.

Iva menegaskan, ketentuan tahun ini menyebutkan bahwa peserta yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019. Pendaftaran SBMPTN dilakukan melalui laman pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan mengikuti tahapan mulai dari mengisi biodata, memilih PTN dan program studi, mengunggah borang portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga, hingga mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

Sama seperti tahun sebelumnya, kelompok program studi pada SBMPTN 2019, dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum. Setiap pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

"Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun. Perlu diperhatikan, urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan," kata Iva.

Untuk mengetahui macam-macam program studi yang ada di UGM beserta daya tampung dari masing-masing prodi tersebut, peserta dapat mengakses laman um.ugm.ac.id yang merupakan laman resmi penerimaan mahasiswa baru UGM.



(amm)

loading...