Turki Sudah Beli S-400, Bulan Depan Dikirim

Kamis, 13 Juni 2019 - 22:20 WIB
Turki Sudah Beli S-400, Bulan Depan Dikirim
Presiden Turki, Tayyip Erdogan menegaskan, Turki bukan berencana membeli sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia, tapi sudah membelinya. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Turki menegaskan sudah membeli sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia bukan lagi sekadar rencana. Kepastian ini disampaikan oleh Presiden Turki, Tayyip Erdogan. Statmen ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat (AS), terkait pembelian sistem pertahanan udara tersebut.

Berbicara saat pertemuan Partai AK, Erdogan mengatakan, sistem pertahanan udara tersebut mungkin akan dikirim ke Turki dalam kurun waktu beberapa bulan mendatang.

“Turki telah membeli sistem pertahanan S-400. Ini adalah kesepakatan yang dilakukan. Saya berharap sistem ini akan dikirim ke negara kita bulan depan," kata Erdogan, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (13/6).

Seperti diketahui, Turki dan AS terlibat perdebatan sengit selama berbulan-bulan terkait keputusan Ankara memboyong S-400, yang dinilai tidak kompatibel dengan sistem pertahanan NATO.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan sementara AS, Patrick Shanahan menguraikan bagaimana Turki akan ditarik keluar dari program jet tempur F-35, kecuali Ankara mengubah arah dari rencananya untuk membeli sistem pertahanan rudal S-400.

Terkait dengan hal ini, Erdogan juga mengatakan, Turki akan meminta pertanggungjawaban siapa pun yang mengeluarkan Turki dari program F-35. "Kami akan meminta pertanggungjawaban atas pengecualian Turki dari program F-35 di setiap platform atas alasan yang tidak jelas atau legitimasi," kata Erdogan.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2857 seconds (0.1#10.140)