800 Porsi Opor Ayam Dibagikan Gratis di Haul Wali Gembyang Kendal

Kamis, 13 Juni 2019 - 12:35 WIB
800 Porsi Opor Ayam Dibagikan Gratis di Haul Wali Gembyang Kendal
Sebanyak 800 porsi opor ayam dibagikan gratis kepada pengunjung haul Wali Gembyang di Kelurahan Patukangan, Kota Kendal, Kamis (13/6/2019) siang. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Sedikitnya 800 porsi lontong opor disiapkan Komunitas Sedekah di Kendal bagi warga yang hadir di peringatan haul Wali Gembyang, Kamis (13/6/2019) siang. Tidak hanya lontong opor yang dibagikan, komunitas ini juga menyiapkan minuman dan buah-buahan secara gratis.

Tradisi menikmati lontong opor gratis, selain untuk memperingati haul Wali Gembyang juga menyambut Lebaran ketupat. Meski hanya lontong dan sayur opor ditambah irisan ayam dan sambal goreng tahu tapi tradisi ini sudah turun temurun dilaksanakan warga.

Haul Wali Gembyang dilaksanakan setiap 9 Syawal dengan kegiatan pembacaan tahlil serta pengajian di kompleks makam Wali Gembyang di Kelurahan Patukangan, Kota Kendal.

Puji Mulyadi, relawan Komunitas Sedekah mengatakan, tradisi menyiapkan lontong opor untuk pengunjung haul Wali Gembyang sudah ada sejak dulu. Tradisi berbagi ini terus dilestarikan dan setiap tahun selalu bertambah dengan menyiapkan minuman dan buah-buahan.

"Bahkan dagangan penjual asongan yang menjajakan makanan di acara ini diborong dan dibagikan secara gratis kepada pengunjung haul," katanya di sela acara.

Usai acara haul dan pembacaan doa pengunjung langsung menikmati lontong opor yang sudah disiapkan. Satu persatu relawan membagikan lontong opor agar tidak berebut. Warga mengaku senang dengan makanan gratis ini.

"Alhamdulillah bisa menikmati lontong opor di Lebaran ketupat dan mengharap berkah dari haul Wali Gembyang," kata Parminah, salah satu pengunjung.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1915 seconds (0.1#10.140)