alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Awas, Sapi di Gunungkidul Ini Positif Antraks

INews.id
Awas, Sapi di Gunungkidul Ini Positif Antraks
api dari Desa Bejiharjo, Gunungkidul positif terkena penyakit antraks.FOTO/Dok.iNews.id

GUNUNGKIDUL - Virus antraks ditemukan di Gunungkidul. Hasil uji sampel yang dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul terhadap lima ekor sapi dari Dukuh Grogol, Desa Bejiharjo, menyebutkan hewan ternak itu positif antraks.

Meski ada temuan baru, Pemkab Gunungkidul memastikan tidak ada penyebaran virus dan terus dilakukan upaya pencegahan.

“Satu dari lima sampel yang dikirimkan uji lab, memang positif antraks. Itu bukan kasus baru, karena itu diambil dari sana,” jata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, Rabu (12/6/2019).



Menurut Bambang, hasil uji sampel terhadap sapi dari Bejiharjo ini memang tidak bisa cepat. Namun butuh proses penelitian yang setiap sampelnya tidak keluar secara bersama-sama. Bahkan beberapa sampel yang lain, masih dalam proses dan hasilnya belum keluar. “Bukan bertambah. Tetapi ini bagian dari lima sapi yang kami kirim dulu,” katanya.

Dinas Pertanian dan Pangan juga memastikan tidak ada perluasan area terdampak. Beberapa wilayah yang berdekatan dengan Karangmojo, seperti Nglipar dan Semanu sampai saat ini masih aman dari penyebaran penyakit tersebut.

Pencegahan dilakukan hingga radius 1 kilometer. Di antaranya dengan melakukan penyemprotan menggunakan desinfektan, formalin dan serta melakukan vaksin terhadap semua hewan yang ada di Gunungkidul. “Kita lakukan pemantauan hewan di Pasar Hewan Siyono dan juga Nglipar, Semanu dan Ponjong,” ujar Bambang.

Kasi Kesehatan Veteriner Dinas Pertanian Pangan Gunungkidul, Retno Widiastuti mengatakan pihaknya telah melakukan vaksinasi kepada 347 ekor sapi dan 832 kambing dan 9 ekor domba. Vaksinasi dilakukan dengan cara disuntik, untuk mencegah hewan-hewan ini terpapar virus antraks. “Pasca-ada temuan antraks, kita terus lakukan vaksinasi,” ujarnya.



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif