Tinjau Jalan Rusak di Pekalongan, Ganjar Dihadang Warga

Rabu, 12 Juni 2019 - 15:52 WIB
Tinjau Jalan Rusak di Pekalongan, Ganjar Dihadang Warga
Gubernur Ganjar Pranowo dihadang warga saat meninjau Jalan KH Samanhudi di Kelurahan Karangjompo, Kecamatan Tirto, Kota Pekalongan, Rabu (12/6/2019) siang. FOTO/IST
A A A
PEKALONGAN - Kunjungan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Pekalongan disambut kemarahan seorang warga. Peristiwa terjadi ketika meninjau Jalan KH Samanhudi di wilayah Kelurahan Karangjompo, Kecamatan Tirto, Kota Pekalongan, Rabu (12/6/2019) siang.

Jalan sepanjang 550 meter itu merupakan jalur penghubung Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. Baru saja turun dari mobil dinasnya, Ganjar dihampiri sejumlah warga yang mengadukan kerusakan jalan yang sudah lama tidak ditangani.

Bahkan seorang warga tampak marah. Sebab jalan di daerahnya tak hanya rusak tapi juga sering tergenang air rob. Ia juga mempersoalkan penanganan pemerintah daerah setempat yang menurutnya asal-asalan dengan hanya diurug dengan batu dan tanah.

"Ini gimana Pak Gubernur, tanggung jawab pemerintah mana, jalan hanya diurug batu. Saluran air penuh sampah. Rob juga terus menggenangi pemukiman kami," kata warga itu.

Atas pertanyaan itu, Ganjar menjawab, "Kosek-kosek Aku mrene kuwi ngecek, kerono entuk laporan, dalane diurug sementara. Soale butuh nggawe tanggul. Ojo langsung nesu (Sebentar-sebentar, aku ke sini itu mau mengecek, karena dapat laporan. Jalannya diurug sementara sebabnya untuk membuat tanggul, jangan langsung marah)," jawabnya.

Belum selesai Ganjar menjawab, warga itu langsung menimpali dengan keluhan sampah di saluran sungai dan minta dibuatkan saluran permanen.

"Banyak sampah di saluran air. Pemerintah harusnnya memikirkan itu juga," tukas warga.

Cuma satu orang itu yang bernada tinggi, sementara warga lain yang ikut "mengepung" orang nomor satu di Jateng itu hanya terdiam. Tetapi, kemarahan seorang warga itu disambut senyum oleh Ganjar.

"Cara menyelesaikan masalah itu dengan musyawarah, bukan marah-marah,” kata Ganjar.

Ia mengajak warga ngobrol dengan santai. Warga yang marah dimintanya tersenyum.
"Coba njenengan tersenyum, mesti ora iso. Sing neng pikirane njenengan negatif terus. Sampah itu njenengan ra gelem njupuki tho? (Coba kamu tersenyum, pasti tidak bisa. Itu karena yang dipikiranmu negatif terus. Coba, sampah di situ itu kamu pasti tidak mau mengambil kan?)“ lanjutnya sambil menepuk pelan pundak warga itu.

Ganjar mengatakan, warga yang tinggal di kawasan itu memang sering mengeluhkan jalan maupun pemukiman yang tergenang akibat rob dan limpasan air dari Sungai Widuri Pacar.

"Sementara jalan diuruk dulu. Karena, untuk menangani jalan ini harus membuat talut sungai dan membendung air laut agar tidak masuk ke pemukiman. Alhamdulillah, pemerintah kota dan kabupaten sudah bertemu, tinggal dimusyawarahkan. Warga dan instansi terkait. Mencari solusi terbaik. Mau relokasi, atau bagaimana," katanya.

Pelan-pelan warga bersedia diajak rembugan. Warga yang semula marah tampak sudah mau tersenyum bahkan tertawa-tawa di akhir acara.

Didampingi Lurah Karangjompo, Anita Fatmawati, Ganjar juga menjelaskan kepada warga, penyebab rob salah satunya karena penurunan muka bumi. Pembuatan tanggul pun mungkin bukan menjadi solusi. Yang dibutuhkan, kata dia, koordinasi atau musyawarah antara warga, lurah, camat, bupati dan wali kota harus dilakukan.

Anita Fatmawati menjelaskan kepada warga, seluruh aspirasi sudah masuk ke pemerintah. Untuk penanganan, dibutuhkan tahapan-tahapan, tidak bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan.

"Semua sudah kami sampaikan kepada Wali Kota Pekalongan maupun Bupati Pekalongan. Semoga segera diprioritaskan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1551 seconds (0.1#10.140)