alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gelombang Tinggi Rusakkan Lima Kapal Nelayan Pantai Baron

suharjono,
Gelombang Tinggi Rusakkan Lima Kapal Nelayan Pantai Baron
Puluhan kapal nelayan pantai Baron sudah ditarik menjauh dari bibir pantai akibat gelombang tinggi. FOTO/SINDOnews/Suharjono

GUNUNGKIDUL - Gelombang dengan ketinggian lima meter menerjang pantai selatan Gunungkidul. Tercatat lima kapal nelayan rusak akibat terjangan gelombang laut yang terjadi sejak dini hari tadi.

Koordinator SAR Pantai Baron Marjono mengatakan, saat ini para nelayan berhenti melaut. Gelombang besar mulai menerjang pantai sejak pukul 03.00 WIB tadi (11/6/2019). "Ada lima kapal rusak diterjang ombak," terangnya kepada wartawan, Selasa (11/6/2019).

Dijelaskannya upaya menyelamatkan kapal dilakukan para nelayan bersama petugas SAR. Begitu juga dengan himbauan untuk tidak melaut sambil menunggu perkembangan gelombang dilakukan untuk menghindari dari hal - hal yang tidak diinginkan.



"Nelayan berhenti melaut mulai hari ini, kami juga sudah menghimbau wisatawan menjauhi bibir pantai karena gelombang tidak bersahabat," katanya.

Sementara, Bendahara kelompok nelayan Mina Samudra pantai Baron, Sarno (46) mengatakan dirinya bersama 229 nelayan lain yang berada di pantai Baron terpaksa tidak melaut. Tanda tanda kenaikan gelombang laut sudah terjadi sejak petang hari pada hari Senin (10/6/2019).

"Kemarin kami masih melaut, karena gelombangnya masih landai. Ternyata dini hari tadi terjadi gelombang pasang dan membuat beberapa kapal nelayan yang ada di pinggir pantai itu rusak," ulasnya.

Selanjutnya, para nelayan masih akan Melihat kondisi gelombang sambil menunggu informasi dari BMKG. "Mudah-mudahan segera normal sehingga kami bisa segera melaut," pungkasnya.



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif