alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Realisasi Penukaran Uang BI Solo Selama Lebaran Capai Rp4,1 Triliun

Ary Wahyu Wibowo
Realisasi Penukaran Uang BI Solo Selama Lebaran Capai Rp4,1 Triliun
Realisasi penukaran uang oleh BI Cabang Solo selama Ramadhan dan Lebaran mencapai 77% dari Rp5,4 triliun yang disediakan. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOnews

SOLO - Realisasi layanan penukaran uang yang dilakukan Bank Indonesia (BI) Cabang Solo selama Ramadhan dan Lebaran mencapai 77% dari Rp5,4 triliun yang disediakan. Penyerapan yang tak sepenuhnya maksimal karena peredaran uang pecahan besar (UPB) yang dinilai masih berlimpah di pasaran.

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) BI Solo Bakti Artanta mengatakan, alokasi dana yang disediakan terserap sekitar Rp4,1 triliun. Dari jumlah itu, untuk uang pecahan kecil realisasinya sekitar 17%.

"Sedangkan untuk pecahan besar atau Rp50.000 dan Rp100.000, realisasinya sekitar 83%," kata Bakti Artanta, Selasa (11/6/2019).



Dia menyebut penyaluran uang pecahan besar tak maksimal karena uang di pasaran masih cukup melimpah. Ketercukupan uang pecahan besar, di antaranya karena perbankan menjalankan mekanisme sesuai yang diharapkan, yakni melakukan transaksi uang kartal antar bank. Hal itu sangat bagus karena dapat mengurangi ketergantungan terhadap BI.

"Apalagi pada periode itu, perbankan hanya libur dua hari," ungkapnya.

Menjelang Lebaran, perbankan masih menerima setoran dari nasabah, khususnya dari SPBU. Selama periode Ramadhan dan Lebaran, BI Solo menyiapkan alokasi Rp5,4 triliun. Jumlah itu diklasifikasikan menjadi dua bagian. Yakni 86% untuk mencukupi kebutuhan uang pecahan besar (UPB) dan 14% untuk uang pecahan kecil (UPK).



(amm)