alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penumpang Meningkat, Ratusan Bus Tambahan Dioperasikan dari Salatiga

Angga Rosa
Penumpang Meningkat, Ratusan Bus Tambahan Dioperasikan dari Salatiga
Sejumlah bus AKAP terparkir di Terminal Tipe A Tingkir, Salatiga untuk menunggu jam keberangkatan, Selasa (11/6/2019). Foto/SINDOnews/Angga Rosa

SALATIGA - Jumlah penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) jurusan Jakarta dan daerah lainnya di Terminal Tipe A Tingkir, Salatiga pada arus balik Lebaran 2019 meningkat tajam. Ledakan penumpang terjadi pada 9 Juni 2019, jumlahnya menembus 7.297 orang.

Diperkirakan pada hari ini dan besok jumlah penumpang yang berangkat ke daerah perantauan masih mencapai ribuan orang. Untuk mengangkut ribuan jiwa penumpang, sejak 8-10 Juni 2019, Terminal Tipe A Tingkir telah memberangkat 93 armada bus tambahan. Puluhan armada bus tambahan tersebut mengangkut sebanyak 2.790 jiwa penumpang.

"Hari ini dan besok kita juga telah menyiapkan puluhan armada bus tambahan. Kita sudah komunikasi dengan beberapa PO (Perusahaan Otobus) untuk menyiapkan armada tambahan. Namun sebelum berangkat, kelaikkan armada bus tambahan tetap kami periksa," kata Kepala Terminal Tipe A Tingkir, Salatiga Suharno kepada SINDOnews, Selasa (11/6/2019).



Sedangkan jumlah total penumpang bus AKAP dan bus tambahan yang telah berangkat ke daerah perantauan mereka masing-masing melalui Terminal Tipe A Tingkir sejak 5-10 Juni 2019 mencapai 24.331 orang. Puluhan ribu penumpang tersebut diangkut menggunakan sebanyak 1.198 armada bus reguler dan tambahan.

Menurut Suharno, sejak 5 Juni 2019 pemberangkatan bus AKAP dilakukan hingga malam hari. Meski demikian sejauh ini belum ada penumpang yang terlantar. "Sampai saat ini tidak ada penumpang yang terlantar di Terminal Tipe A Tingkir. Meski pemberangkatan hingga larut malam, namun semua penumpang bisa terangkut," katanya.



(amm)