Nirina Zubir Kewalahan Gowes di Tanjakan Gunungpati Semarang

Selasa, 11 Juni 2019 - 12:14 WIB
Nirina Zubir Kewalahan Gowes di Tanjakan Gunungpati Semarang
Artis Nirina Zubir dan suami saat gowes bareng Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan istrinya, Siti Atikoh, Selasa (11/6/2019). FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Nirina Zubir geleng-geleng kepala setelah gowes bareng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istrinya, Siti Atikoh, Selasa (11/6/2019) sejauh 16 km. Selain menyebut mereka berdua sebagai ridding suami istri terganas, pemeran Rachel dalam film My Heart itu memberi sebutan BPB, bukan pejabat biasa.

Maklum saja, untuk menuju Ungaran dari semarang rute yang dipilih Ganjar untuk Nirina sangat menantang karena banyaknya tanjakan dan turunan, yakni lewat Gunungpati. Setidaknya ada 10 tanjakan curam yang dilewati mulai dari tanjakan Delik hingga Sisemut, Ungaran. Sempat beberapa kali tertinggal, Nirina yang nampak ngos-ngosan akhirnya bisa menyusul Ganjar dan Atik di peristirahatan pertama di pintu gerbang Universitas Negeri Semarang (Unnes).

"Ini pasangan ridding suami istri terganas. Tanjakannya luar biasa. Sepertinya ini kita dikerjain ini. Kita jadi punya sebutan baru nih buat Pak Ganjar dan istri, BPB, mereka bukan pejabat biasa," kata Nirina yang disambut tawa suaminya saat menyelesaikan etape pertama.

Nirina tidak sendirian, dia bersama suami dan enam kawannya. Mereka bertekad gowes menempuh jarak 1.200 km dari Jakarta sampai Seminyak, Bali. Dia bertolak dari Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan pada 6 Juni 2019. Sebelum sampai Seminyak, Bali pada hari ke-12, Nirina Zubir dan suami singgah di Semarang.

"Kemarin sore (Senin, 10/6) ketika mau masuk Semarang aku WA (WhatsApp) Pak Ganjar, izin melintas kotamu Pak. Terus ditanya aku naik apa. Aku jawab gowes bareng suami. Nah langsung dijamu sama bapak dan malah ditawari mau diantar. Saya kira mulanya bakal dilepas biasa dari rumah dinas karena kan gitu ya pejabat biasanya, tidak tahunya malah sepedaan bareng dan justru dipilihin rute yang gila. Hormat deh saya sama beliau berdua," katanya.

Nirina Zubir Kewalahan Gowes di Tanjakan Gunungpati Semarang


Perjalanan gowesnya bersama suami dari Jakarta ke Bali itu, oleh Nirina dilabeli #suamiistriride. Menurut Nirina juga sangat cocok disematkan pada Gubernur Jawa Tengah dan istri karena memang punya hobi gowes. Dari Semarang Nirina akan bertolak ke Solo. Mereka berangkat dari Puri Gedeh pukul 06.30 WIB. Karena belum tahu rutenya, Nirina dan rombongan awalnya cukup PD terlebih setelah menguji kemampuan di Alas Roban.

"Dari Jakarta ini rute paling berat. Saya kira setelah melewati Alas Roban rute bakal landai, enteng lah. Wah ternyata ini rutenya gila. Dan ini saya masih ada sekitar 700 km lagi. Yakin kuat," katanya sambil tertawa.

Ganjar memang sengaja memilihkan rute ke Ungaran lewat Gunungpati karena kalau lewat jalur biasa jalanan sangat ramai. Mengerti Nirina dan suami yang kewalahan Ganjar pun berulang kali menyalip dan melontarkan candaan. Tidak jarang Nirina dan suami tersipu malu melihat kekuatan fisik Ganjar dan istri.

"Ini kan masih Lebaran, mereka tak kasih THR, tanjakan hari raya," kata Ganjar yang membuat Nirina dan suami tertawa.

Mengetahui #suamiistriride yang dikampanyekan Nirina dan suami, Ganjar pun tak ingin ketinggalan. Dia mengajak agar setiap pasangan rajin olahraga atau pola hidup sehat. "Agak fisiknya kuat, hatinya waras," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1115 seconds (0.1#10.140)