Beri Reward, Pemkab Batang Lombakan Kampung Siaga COVID-19

Kamis, 04 Juni 2020 - 18:12 WIB
loading...
Beri Reward, Pemkab Batang Lombakan Kampung Siaga COVID-19
Bupati Batang didampingi Kapolres Polres AKBP Abdul Waras menyerahkan bantuan APD kepada Kepala Desa Kepuh. FOTO : Istimewa
A A A
BATANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang mengapresiasi langkah Polres Batang yang bentuk Kampung Siaga COVID-19 dalam persiapan menuju tatanan kehidupan baru atau new normal.

"Saya apresiasi Polres Batang yang inisiasi Kampung Siaga COVID-19, Maka Pemkab Batang melombakan dan memberikan reward bagi desa yang terbaik," kata Bupati Batang Wihaji usai meresmikan Kampung Siaga Desa Kepuh Kecamatan Limpung.

Menurutnya, benteng yang paling tepat saat ini untuk mencegah penyebaran COVID-19 yakni memberdayakan masyarakat desa, karena desa memiliki kekuatan gotong royong lebih kuat.

"Tinggal kita memikirkan stimulus dan pengelolannya, peran aktif dari warga. Desa agar didorong untuk membentuk Desa Siaga," ujarnya. ( )

Sementara, Kapolres Batang AKBP Abdul Waras mengatakan, tujuan membentuk Kampung Siaga COVID-19 untuk menanamkan semangat pencegahan di level desa. Karena desa adalah kekuatan dasar kita dalam berperan aktif.

"Harapan saya masyarakat ikut aktif cegah penyebaran. Karna tanpa peran aktif masyarakat upaya pemerintah akan sia-sia," kata Kapolres.

Ia menambahkan, Polres Batang melalui Polsek dan Babhinkamtibmas sudah membentuk Kampung Siaga COVID-19 di 12 Polsek di 15 Kecamatan dengan 25 desa.

"Kampung Siaga ada posko COVID-19 yang dijaga relawan 24 jam di pintu masuk desa, sarana portal agar keluar masuknya warga bisa diketahui, thermo gun untuk cek suhu badan," terangnya.

Dijelaskan, Posko COVID -19 di desa sebagai langkah mendisiplinkan warga, sehingga para relawan selalu menegur warga keluar rumah yang tidak sesuai protokol kesehatan, seperti mewajibkan pake masker dan cuci tangan.

Tidak hanya itu, desa juga menyedikan wisma isolasi untuk para pemudik atau saudara yang datang dari zona merah.

"Penyemprotan disinfektan terus berkelanjutan seperti di tempat ibadah, fasilitas umum dan menyedikan tempat cuci tangan dengan air yg mengalir dan Hand Sanitizer," ungkapnya. (Baca juga : Pekalongan Banjir Rob, Kapolda-Pangdam Jamin Ketersediaan Logistik Warga )

Kapolres menegaskan, Kampung Siaga COVID-19 sebaai langkah bersama untuk memasuki tatana hidup baru atau new normal dengan kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)