Mahfud MD Ajak Generasi Milenial Gunakan Hak Pilih

Kamis, 10 Januari 2019 - 09:06 WIB
Mahfud MD Ajak Generasi Milenial Gunakan Hak Pilih
Mahfud MD mengajak generasi milenial menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
YOGYAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD mengajak generasi milenial menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. Sebab, masing-masing warga negara bertanggung jawab terhadap kelangsungan negaranya.

"Semua harus bertanggung jawab atas kelangsungan negara karena pemimpin lahir dari pemilu. Jika tidak digunakann maka eman-eman. Generasi milenial harus gunakan hak pilih, jangan Golput," kata Mahfud MD saat bincang-bincang bersama wartawan di Yogyakarta, Rabu (9/1/2019) malam.

Diakuinya, saat ini partai politik memang belum mampu melahirkan kader-kader yang dipasang sebagai calon anggota legislatif (caleg) sesuai dengan keinginan masyarakat. Namun, proses demokrasi harus berjalan. Apatisme tidak akan menjadikan transisi demokrasi semakin baik.

"Jangan sampai generasi milenial apatis. Jadi satu-satunya cara gunakan hak pilih baik di Pileg maupun Pilpres," ucap Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini berharap kualitas demokrasi di Indonesia semkain baik dengan meningkatnya partisipasi pemilih. Pola perbaikan rekruitmen caleg di partai politik juga terus dibenahi agar melahirkan kader-kader yang memiliki kapasitas dan kapabilitas mewakili rakyat.

"Itu semua digodok hingga muncul wacana proses di internal parpol dibiayai negara. Namun masih banyak masukan lain. Sekarang tidak bisa lagi kita bahas karena tinggal menunggu hari. Ke depan ini menjadi perhatian bersama untuk dirumuskan, sekarang waktunya semua terlibat dengan datang ke bilik suara gunakan hak pilih," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2279 seconds (0.1#10.140)