Layanan Arus Mudik di Jateng Diklaim Terbaik Sepanjang Sejarah

Senin, 10 Juni 2019 - 17:30 WIB
Layanan Arus Mudik di Jateng Diklaim Terbaik Sepanjang Sejarah
Suasana arus mudik Lebaran di ruas Jalan Tol Batang-Semarang beberapa hari lalu. FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengklaim penyelenggaraan layanan arus mudik Lebaran 1440 H/2019 yang dilakukan pemerintah di wilayah Jawa Tengah kali ini merupakan yang terbaik sepanjang sejarah penyelenggaraan arus mudik.

Hal tersebut tak terlepas dari dukungan tersedianya infrastruktur jalan tol yang terhubung mulai ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa.

“Penyelenggaraan arus mudik dan balik Lebaran yang dilakukan pemerintah pada tahun ini terbilang sukses. Ini merupakan penyelenggaraan terbaik sepanjang sejarah penyelenggaraan arus mudik dibandingkan dengan masa mudik tahun-tahun sebelumnya,” kata Ganjar seusai memimpin apel perdana ASN usai libur cuti bersama di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Senin (10/6/2019).

Menurutnya, hal lain yang menjadi kunci sukses penyelenggaraan arus mudik tahun ini adalah adanya koordinasi serta komunikasi yang intens seputar arus mudik.

“Komunikasi itu baik terkait pemberlakukan sistem one way (satu arah) di tol maupun penyiapan jalur alternatif antara Korlantas Mabes Polri, Kemenhub dengan Pemerintahan Provinsi serta Pemerintahan Kabupaten dan Kota,” sebutnya.

Namun demikian Ganjar mengakui, meski terbilang sukses masih ada sejumlah evaluasi yang perlu segera dibenahi untuk penyelenggaraan arus mudik Lebaran tahun depan.

“Di antaranya pemenuhan fasilitas dan layanan rest area yang di beberapa tempat belum maksimal,” ungkap Ganjar. Menurut dia, hal itu karena memang rest area yang tersedia sebagian diantaranya masih berupa rest area darurat yang belum lengkap sarananya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6526 seconds (0.1#10.140)