Ribuan Warga DIY Antusias Ikuti Open House Dengan Sultan

Senin, 10 Juni 2019 - 16:52 WIB
Ribuan Warga DIY Antusias Ikuti Open House Dengan Sultan
Sri Sultan HB X berjabat tangan dengan warga saat Open House Lebaran 1440 H di pendapa Kepatihan Pemda DIY, Senin (10/6/2019). FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan
A A A
YOGYAKARTA - Pemda DIY menggelar Open House Lebaran 1440 H di pendapa Kepatihan Senin (10/6/2019). Selain para pejabat Pemda DIY, acara ini juga diikuti oleh ribuan warga.

Mereka terlihat sangat antusias. Terutama untuk bertemu dan berjabat tangan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X dan istri GKR Hemas serta KGPAA Pakualam (PA) X dan GKBRAyA PA X.

Terbukti meski acara baru dimulai pukul 09.00 WIB namun sejak pukul 07.00 WIB sudah mulai berdatangan baik mengunakan kendaraan pribadi maupun rombongan dengan bus. Para warga yang sudah datang kemudian membentuk dua barisan antrian untuk dapat bertemu dan berhalal bihalal dengan Sultan dan Pakualam bersama para istri yang berada di tengah pendapa.

“Kulu sampun dugi mriki kawit tabuh 07.15 WIB (Saya sudah sampai sini (Kepatihan) sejak pukul 07.00 WIB,” kata warga Sleman, Margono, 70.

Hal yang sama diungkpan warga Mergangsan, Yogyakarta, Sudarban, 80. Dia yang datang bersama anaknya mengaku sudah di lokasi pada pukul 08.00
WIB dan ini merupakan kelima kalinya mengikuti acara tersebut. Menurutnya ada kepuasan tersendiri jika bertemu dan bersalaman langsung dengan Sultan.

Setelah acara dimulai pada pukul 09.00 WIB Sultan HB X dan Pakualam bersama para istri kemudian melakukan halal bihalal dengan warga,
pejabat dan karyawan Pemda DIY.

Baik warga, pejabat dan karyawan Pemda DIY yang sudah berjabat tangan dengan Sultan dan Pakulaman sebelum pulang bisa menikmati sajian makanan yang telah disediakan di pendapa sisi kiri. Seperti bakmi godog dan goreng, nasi liwet, jenang dan minuman. Pemda DIY sendiri menyediakan 4.000 porsi.

Sementara warga yang baru datang langsung mengantri di barisan belakang antrian. Open House tersebut berakhir pada pukul 11.00 WIB.

Sekda DIY, Gatot Saptadi mengatakan open house ini bukan hanya agenda rutin yang digelar Pemda DIY paska lebaran. Namun yang lebih penting lagi, yakni memberikan kesempatan kepada warga DIY dapat bersilatahmi dengan pemimpin mereka, baik Sri Sultan HB bersama istri da KGPAA Pakualaman X juga bersama istri. Sehingga semakin dekat dan dapat berkomunikasi langsung.

“Kegiatan ini akan berlangsung hingga akhir bulan. Setelah dengan masyarakat, akan dilanjutkan berkeliling ke kabupaten dan kota se DIY termasuk akan melakukan acara yang sama dengan kalangan terbatas dengan kemasan yang hampir sama besok (Selasa, 11/6/2019) malam,” terangnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3072 seconds (0.1#10.140)