H+5 Perbatasan DIY dan Jateng di Prambanan Lenggang

Minggu, 09 Juni 2019 - 21:22 WIB
H+5 Perbatasan DIY dan Jateng di Prambanan Lenggang
Arus lalu lintas di Jalan Yogya-Solo pertigaan Prambanan, Sleman, terlihat lenggang, Minggu (9/6/2019). FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan
A A A
SLEMAN - Arus balik H+5 Lebaran 1440 H yang melintas di Perbatasan DIY dan Jawa Tengah (Jateng) terpantau lenggang, Minggu (9/6/2019). Diperkirakan sudah terjadi Sabtu (8/6/2019) malam. Dimana puluhan ribu kendaraan telah meninggalkan DIY lewat jalur ini.

Arus lalu lintas justru terpantau ramai yang menuju objek wisata sekitar, seperti ke candi Prambanan dan komplek candi Ratu Boko. Namun jika dilihat dari plat nomor polisinya mereka wisatawan lokal.

Kepala Pos Pengamanan (Papospam) Prambanan Ipda Sukamta mengatakan meski puncak arus balik sudah lewat, namun tetap bersiaga lantaran masih banyak warga yang menghabiskan sisa liburannya untuk berwisata. Apalagi kawasan Simpang Prambanan terhubung dengan berbagai tempat wisata. .

"Hari ini banyak kendaraan yang menuju arah selatan alias Jalan Piyungan-Prambanan. Kawasan tersebut memiliki sejumlah destinasi wisata seperti Tebing Breksi hingga Ratu Boko," katanya, Minggu (9/6/2019).

Untuk itu rekayasa lalu lintas pun tetap dilakukan oleh petugas kepolisian saat terjadi kepadatan. Kendaraan diarahkan melewati jalur alternatif Turi-Proliman.

"Selain jalur alternatif, lampu APILL juga kami nonaktifkan dan lalu lintas diatur secara manual jika kondisi benar-benar padat," jelasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8257 seconds (0.1#10.140)