alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ribuan Pengunjung Berebut Sego Kethek di Goa Kreo

Ahmad Antoni
Ribuan Pengunjung Berebut Sego Kethek di Goa Kreo
Ribuan pengunjung berebut gunungan sego kethek (nasi kera) dalam tradisi sesaji Rewanda di Goa Kreo, Kelurahan Kandri, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (9/6/2019). FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni

SEMARANG - Ribuan pengunjung berebut gunungan sego kethek (nasi kera) sesaat setelah lantunan doa berakhir. Pemandangan tersebut mewarnai perhelatan Kirab Prosesi Budaya Sesaji Rewanda di kompleks obyek wisata Goa Kreo, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (9/6/2019).

Tradisi sesaji Rewanda merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan beberapa hari setelah Idul Fitri ini sebagai wujud rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus melestarikan budaya setempat.

Sebelum jadi rebutan, gunungan sego kethek dan gunungan buah-buahan serta hasil bumi diarak oleh ratusan warga dengan balutan busana tradisional.



Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari, kegiatan tradisi yang digelar rutin setiap Lebaran ini juga sebagai upaya Pemerintah Kota Semarang menggaet wisatawan untuk mengunjungi objek wisata Goa Kreo.

"Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi puncak kunjungan wisatawan ke Goa Kreo. Selama libur Lebaran ini jumlah kunjungan wisatawan meningkat," ungkap Indriyasari.

Untuk diketahui, tradisi sesaji Rewanda ini tidak lepas dari legenda perjalanan Sunan Kalijaga, salah satu Walisongo yang mencari kayu jati sampai di daerah itu untuk membangun Masjid Agung Demak, dan dibantu para kera.



(nun)

loading...