Penyakit Diare Paling Banyak Diderita Pemudik

Minggu, 09 Juni 2019 - 07:22 WIB
Penyakit Diare Paling Banyak Diderita Pemudik
Menkes Nila F Moeloek saat meninjau arus balik di Gerbang Tol Banyumanik Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (8/9/2019) petang.FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Diare menjadi penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat selama mudik Lebaran 2019. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek saat mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi meninjau arus balik di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019) petang.

Oleh karena itu, Menkes meminta kepada para pemudik agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, agar tidak mudah terserang penyakit, utamanya diare. “Karena diare bisa menimpa siapa saja yang tidak mampu menjaga kebersihan dan kesehatan,” ungkap Nila. “Pemudik harus selalu rutin cuci tangan sebelum makan, sehingga bisa terhindar dari diare,” imbuhnya.

Menurutnya, diare sudah seperti penyakit yang biasa diidap pemudik saat Lebaran. Sehingga dia mengimbau pemudik untuk menjaga kesehatan. Namun demikian, pihaknya tidak melarang membeli makanan atau kuliner di pinggir jalan, namun hendaknya tetap jaga kebersihan seperti cuci tangan sebelum makan.

“Tadi saya juga lihat di sepanjang jalan, masih banyak yang buang sampah sembarangan. Tolong dong, dari diri kita mulai jaga kebersihan,” pintanya. Di sisi lain, Menkes juga meminta masyarakat bisa memanfaatkan posko kesehatan yang telah disediakan dari Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan setempat.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9809 seconds (0.1#10.140)