Arus Balik, Menhub dan Menkes Pastikan Kesehatan Sopir Bus

Sabtu, 08 Juni 2019 - 23:49 WIB
Arus Balik, Menhub dan Menkes Pastikan Kesehatan Sopir Bus
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan Nilla F Moeloek mengecek kesehatan sopir dan kelayakan bus. FOTO/IST
A A A
SALATIGA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan Nilla F Moeloek mengecek kesehatan sopir dan kelayakan bus yang akan mengantar pemudik kembali ke tempat kerja. Setiap sopir dipastikan kondisinya prima, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Di sini kami melihat beberapa hal yang penting-penting diantaranya kesehatan. Tadi saya mengecek fasilitas kesehatan dan kondisi kesehatan pengemudi bus. Hasilnya menggembirakan, kondisi sopir tetap terjaga kesehatannya dengan tensi yang baik,” jelas Budi Karya, di Terminal Bus Tipe A Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019).

Dia mengimbau para pengemudi bus mengatur pola makan dan istirahat secara teratur. Usai mengecek kesehatan pengemudi bis, Menhub dan Menkes juga mengecek tempat istirahat pengemudi bus yang tersedia di bagian belakang bus.

Salah satu pengemudi bus mengatakan, dalam setiap perjalanan, ada dua sopir yang secara bergantian mengemudi setiap empat jam. Jadi ketika satu pengemudi bertugas mengemudi, pengemudi lainnya dapat beristirahat di kasur yang tersedia di bagian belakang bus.

"Di sini kita cek ternyata kesehatannya bagus dan mereka ada tempat tidur untuk sopir dibuatkan di belakang. Jadi tidurnya bisa sampai kakinya selonjoran. Mereka juga tiap empat jam bergantian berkendara dan sopirnya selalu dua," ujar Nilla menambahkan.

"Ini yang kita harapkan, makanya angka kecelakaan turunnya luar biasa tahun ini. Pertama memang karena infrastruktur, kedua sarana pendukungnya juga memadai," terang dia lagi.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9260 seconds (0.1#10.140)