Tinjau Arus Balik, Rombongan Menhub Terjebak Kemacetan di Tol

Sabtu, 08 Juni 2019 - 21:38 WIB
Tinjau Arus Balik, Rombongan Menhub Terjebak Kemacetan di Tol
Kemacetan panjang di ruas Tol Bawen-Salatiga menuju arah Semarang, Sabtu (8/6/2019). Rombongan Menhub sempat terjebak kemacetan di ruas tol tersebut. FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Terjadi kemacetan yang cukup parah di ruas Tol Bawen-Salatiga, Sabtu (8/6/2019). Kemacetan yang terjadi siang hingga petang ini dikarenakan meningkatnya volume kendaraan pemudik yang menuju ke rah Jakarta dan sekitarnya.

Bahkan, rombongan kendaraan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga sempat terjebak kemacetan di ruas tol tersebut. Dalam agenda yang diterima SINDOnews, Menhub beserta rombongan sedang melakukan pemantauan arus balik Lebaran 2019 dari Madiun Jawa Timur menuju Semarang, Jawa Tengah melalui jalur darat.

Saat itu, bus yang membawa rombongan Menhub masuk ruas tol Bawen-Salatiga untuk menuju Semarang mengalami ketersendatan di Km 467, sekitar pukul 14.45 WIB.

“Kendaraan hanya bisa melaju dengan kecepatan 20 km per jam hingga Km 466. Namun selepas itu, kendaraan sudah bisa bergerak lebih cepat,” ungkap salah seorang wartawan yang mengikuti rombongan Menhub.

Namun, arus lalu lintas kembali tersendat hingga 1 kilometer mulai dari Km 465 menuju Km 464. Namun demikian, lalu lintas berjalan lancar hingga keluar Gerbang Tol (GT) Salatiga.

Akan tetapi, rombongan Menhub kembali terjebak kemacetan saat masuk ruas tol Bawen-Salatiga dari mulai Km 456 sampai Km 451. Arus lalu lintas tersendat akibat beberapa kendaraan pemudik berhenti di bahu jalan.

Menhub mengatakan, kegiatan peninjauan di jalur tol Trans Jawa dari Madiun menuju Semarang, mulai rest area di jalan bebas hambatan dilakukannya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kepadatan hingga keluar area.

“Kepadatan kendaraan yang hendak masuk ke area peristirahatan hingga keluar jalan tol dapat berimbas terhadap kondisi lalu lintas di jalan tol,” ungkap Budi Karya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9628 seconds (0.1#10.140)