alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

TKN Jokowi-Maruf Dorong Perempuan Menjadi Pemilih Cerdas

Ary Wahyu Wibowo
TKN Jokowi-Maruf Dorong Perempuan Menjadi Pemilih Cerdas
Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan TKN Jokowi-Maruf Amin, Ida Fauziah (dua dari kiri depan) bersama ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo (empat dari kiri depan) saat deklarasi Komunitas Srikandi Indonesia di Solo, Rabu (9/1/2019). FOTO/SINDOnews/ARY W

SOLO - Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Ida Fauziah mendorong kaum perempuan menjadi pemilih yang cerdas dalam memilihan Presiden Presiden (Pilpres) 2019. Sebelum menentukan pilihan, kaum perempuan diminta melihat rekam jejak, dan komitmen pemimpin yang akan dipilih.

"Pemilih perempuan lebih banyak dibanding pemilih laki-laki, jadi lihat dulu yang mengenai visi misi, dan komitmennya," kata Ida Fauziah usai deklarasi Komunitas Srikandi Indonesia di Solo, Rabu (9/1/2019). Sehingga dalam menyambut perhelatan Pilpres, perempuan diajak menjadi pemilih yang cerdas, riang gembira dan menjauhi hoax.

Jumlah komunitas perempuan yang memberikan dukungan kepada pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin telah mencapai ratusan. Dengan kesadaran sendiri, mereka mendeklarasikan dukungan untuk pasangan nomor urut 01 tersebut.



Fauziah yakin komunitas perempuan yang mendukung Jokowi lebih besar dibanding komunitas emak-emak yang mendukungan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sebab perempuan itu tak hanya emak-emak, tapi bisa segala usia. Seperti pemilih pemula dan ibu-ibu muda. "Tidak disebut emak-emak atau ibu karena tidak membatasi perempuan Indonesia," katanya.

Semua perempuan dengan berbagai latar belakang, bakal diajak bersama-sama untuk membangun Indonesia. Dari survei terakhir, Ida mengklaim 50% lebih kelompok perempuan memilih Jokowi-Amin.

Keterpilihan Jokowi dari segmen perempuan diyakini akan terus bertambah banyak. Khusus untuk Jawa Tengah, Ida Fauziah yang pernah maju menjadi calon Wakil Gubernur (Cawagub) mendampingi Sudirman Said tersebut optimis pendukungnya dulu bakal mengarahkan pilihan untuk Jokowi. Alasannya saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, dirinya dan Sudirman Said memiliki segmen pendukung sendiri sendiri. Sejauh ini, segmen yang mendukungnya terus dipelihara dan dijaga.

Ida Fauziah juga menyambut gembira kehadiran Sujiatmi Notomiharjo, ibunda Jokowi dalam deklarasi Komunitas Srikandi Indonesia. Sosok Sujiatmi dapat menjadi teladan bagi perempuan Indonesia. Terbukti telah mengantar Jokowi menjadi Presiden Indonesia. "Di balik kesuksesan Pak Jokowi, ada perempuan hebat di belakang beliau. Yakni istri dan ibundanya," katanya.

Ketua Umum Komunitas Srikandi Indonesia Yanti Rukmana mengemukakan, pihaknya ingin angkat bicara dalam Pilpres 2019. Komunitas Srikandi Indonesia mendukung Jokowi-Amin karena menilai dapat memimpin Indonesia ke arah kehidupan politik yang bersih dan mengabdi kepada rakyat.

"Deklarasi dihadiri lebih dari 500 orang dari sekitar 20 komunitas perempuan pendukung Jokowi di Soloraya," kata Yanti Rukmana.

Deklarasi dilatar belakangi berkembangnya kerawanan Pilpres di Indonesia yang semakin meningkat. Komunitas diinisiasi oleh aktivis perempuan, pekerja, dan ibu rumah tangga di Kota Solo.



(AMM)