Demokrat Berpeluang Gabung ke Jokowi, Gembosi Oposisi

Sabtu, 08 Juni 2019 - 12:20 WIB
Demokrat Berpeluang Gabung ke Jokowi, Gembosi Oposisi
Spekulasi tentang bergabungnya Demokrat ke kubu pemerintah dikarenakan adanya gestur politik yang ditampilkan AHY dengan Presiden Joko Widodo. Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Meski tak punya andil dalam memenangkan kubu 01, Partai Demokrat berpeluang bergabung dengan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) atau kubu pemerintah sangat terbuka di 2019. Pasalnya partai berlogo bintang Mercy itu dapat memperkuat barisan pemerintahan dan menggembosi kekuatan kubu oposisi.

Spekulasi tentang bergabungnya Demokrat ke kubu pemerintah dikarenakan adanya gestur politik yang ditampilkan Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

AHY beberapa kali bertemu dengan Jokowi. Terakhir saat open house lebaran 2019. Tidak hanya itu, AHY-Ibas beserta istrinya juga berkunjung menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Peluang koalisi di 2019 sangat terbuka. Walaupun Demokrat tidak punya andil apapun untuk kemenangan Jokowi-MA," kata Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komaruddin, Sabtu (8/6/2019).

Ujang menuturkan, kubu pemerintah memerlukan Partai Demokrat untuk memperkuat konsolidasi politik demi mengamankan kebijakan hingga 2024 mendatang.

"Juga untuk menggembosi atau mempreteli kekuatan kubu 02. Jika Demokrat bergabung ke 01, oposisi jadi lemah, lalu pemerintah semakin kuat," pungkas dia.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9368 seconds (0.1#10.140)