Cara Membuat Ayam Goreng Crispy yang Lezat

Sabtu, 08 Juni 2019 - 11:30 WIB
Cara Membuat Ayam Goreng Crispy yang Lezat
Ayam goreng crispy atau ayam goreng renyah bisa Anda buat sendiri di rumah. Makanan ini tentu akan menjadi favorit keluarga Anda, terutama bagi anak-anak. (Taste.com.au)
A A A
JAKARTA - Menu ayam goreng adalah masakan yang disukai banyak orang. Apalagi cara memasaknya yang pas, hingga membuat ayam goreng renyah dan nikmat. Membuatnya pun mudah. Dengan merendam ayam di dalam buttermilk. Ini membuat ayam akan lebih lembut dan menambah rasanya saat digoreng.

Dikutip dari Resep Koki, jika Anda susah mendapatkan buttermilk, Anda bisa menggantinya dengan yogurt yang dicampur dengan air. Caranya adalah dengan mencampurkan 190 gram yogurt dengan 180 ml air.

Yogurt bisa Anda ganti dengan krim asam. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan 1 cup susu cair full cream (240 ml) dengan 1 sdm perasan lemon. Aduk dan biarkan selama 5—10 menit dalam suhu ruang. Berikut cara membuat ayam goreng crispy seperti dikutip dari Taste.com.au.

Bahan:
75 gr garam dapur
2,5 liter air
4 potong paha atas ayam
4 potong paha bawah ayam
500 ml buttermilk
3 butir telur
60 ml air
300 gram tepung
2 sdt garam dapur, tambahan
Minyak untuk menggoreng
Jeruk nipis untuk penyajian

Cara membuat:
1. Masukkan garam dan air di dalam wajan besar di atas api sedang. Masak, aduk, selama 2—3 menit sampai garam larut. Angkat. Dinginkan.

2. Masukkan ayam ke mangkuk. Siram dengan cairan garam. Tutup. Masukkan ke dalam lemari es selama 6 jam.

3. Tiriskan ayam dari cairan garam dan keringkan. Masukkan ayam ke mangkuk dan sirami dengan buttermilk. Tutupi. Masukkan ke lemari es selama 8 jam atau semalaman.

4. Angkat ayam dari buttermilk dan tiriskan. Rebus ayam selama 10 menit atau sampai matang di dalam air mendidih. Tiriskan. Dinginkan.

5. Kocok lepas telur dan air di dalam mangkuk. Campurkan tepung, garam tambahan di dalam piring. Bumbui dengan merica secukupnya. Masukkan ayam ke dalam telur, gulingkan ke atas tepung, goyang-goyang.

6. Panaskan minyak. Goreng ayam selama 3—4 menit atau sampai ayam matang dan kecokelatan. Tiriskan. Sajikan dengan potongan jeruk nipis.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9288 seconds (0.1#10.140)