Kapal Perangnya Hampir Bertabrakan, Giliran AS Salahkan Rusia

Sabtu, 08 Juni 2019 - 08:30 WIB
Kapal Perangnya Hampir Bertabrakan, Giliran AS Salahkan Rusia
Kapal perang Amerika Serikat dan kapal perang Rusia hampir tabrakn di Laut China Timur, Jumat (7/6/2019). Foto/Twitter @USNavy
A A A
TOKYO - Menyusul insiden hampir betabrakannya kapal perang Amerika Serikat (AS) dengan Kapal perang Rusia, Angkatan Laut AS akhirnya mengonfirmasi kejadian itu benar terjadi di bagian tenggara Laut China Timur pada hari Jumat. Namun, militer Washington menyalahkan militer Rusia dalam insiden berbahaya itu.

Angkatan Laut Amerika mengatakan kru kapal perusak Rusia-lah yang melakukan manuver tidak aman dan tidak profesional. Melalui Twitter, Angkatan Laut Amerika telah merilis video insiden tersebut.

"Saat beroperasi di Laut Filipina, (kapal) perusak Rusia Udaloy I DD 572 melakukan manuver yang tidak aman terhadap USS Chancellorsville," kata juru bicara Armada Ketujuh Angkatan Laut AS, Clayton Doss, seperti dikutip Reuters, Sabtu (8/6/2019).

Dia menggambarkan pernyataan Rusia bahwa kapal AS telah bertindak berbahaya sebagai "propaganda". "(Kapal) perusak Rusia mencapai jarak 50 hingga 100 kaki (15 hingga 30 meter) dari Chancellorsville," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, militer Rusia menyuarakan protes kepada komando AS setelah kapal perang Washington yang bersenjata peluru kendali menghalangi perjalanan kapal perusak anti-kapal selam Moskow di bagian tenggara Laut China Timur pada hari Jumat. Menurut militer Moskow, tindakan Angkatan Laut Washington itu menyebabkan kedua kapal perang hampir tabrakan.

Layanan pers Armada Pasifik Rusia mengatakan kapal Admiral Vinogradov berada sekitar 50 meter di depan kapal USS Chancellorsville yang tiba-tiba mengubah jalur. Tindakan kru kapal Amerika itu dianggap berbahaya.

Insiden itu terjadi pada pukul 06.35 pagi waktu Moskow. Awalnya, sebuah gugus tugas Armada Pasifik Rusia dan sebuah kelompok tempur kapal induk AS sedang menuju ke arah yang paralel.

"Kapal cruiser Chancellorsville tiba-tiba mengubah jalurnya dan melintasi jalur (kapal) perusak Admiral Vinogradov sekitar 50 meter dari kapal. Untuk mencegah tabrakan, kru Admiral Vinogradov terpaksa melakukan manuver darurat," kata layanan pers Armada Pasifik Rusia, seperti dikutip TASS.

Dalam protesnya, Armada Pasifik Rusia menekankan bahwa langkah-langkah kru AS tersebut tidak dapat diterima.

Kapal Admiral Vinogradov diluncurkan pada Juni 1987. Kapal ini pernah membayangi kapal-kapal Angkatan Laut AS selama latihan di dekat Hawaii pada musim panas 2016.

Nama kapal militer Moskow itu diambil dari tentara bernama Nikolai Ignatevich Vinogradov, yang memimpin kapal selam di Armada Utara Soviet dalam Perang Dunia Kedua.

Sedangkan USS Chancellorsville memiliki peluru kendali dan meriam cepat. Kapal perang Amerika ini membawa dua helikopter anti-kapal selam.

Kapal USS Chancellorsville telah beroperasi sejak Juli 1988, dan sebelumnya merupakan bagian dari kelompok tempur kapal induk yang terlibat dalam perang di Irak dan Afghanistan. Saat ini, kapal tersebut berbasis di Yokosuka, Jepang.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1907 seconds (0.1#10.140)